Peserta BPJS Ketenagakerjaan Bekasi Bisa Akses Layanan Online




Bekasi, KORANTRANSAKSI.Com -  Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJSTK) Cabang Bekasi Kota kini tidak perlu antre dalam memperoleh pelayanan. Sebab kantor cabang yang terletak di Jalan Pramuka Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bekasi Selatan ini telah menyediakan layanan dalam jaringan (daring) atau online.

Penata Madya Pelayanan di Kantor BPJSTK Cabang Bekasi Kota, Bangun Setia Putra mengatakan, layanan online ini lebih praktis dan efisien bagi peserta BPJSTK yang ingin mendapatkan pelayanan apapun.

"Untuk urusan klaim bisa, seperti klaim kecelakaan kerja, hubungan kerja, jaminan hari tua dan jaminan pensiun," kata Bangun

Menurut dia, sistem online menawarkan banyak keuntungan seperti menghemat uang, waktu dan tenaga karena tidak perlu datang ke kantor pengelola. Peserta, kata dia, cukup membuka laman resmi di alamat www.bpjsketenagakerjaan.go.id dan memilih menu pengajuan klaim.

"Nanti ada pilihan klaim yang akan diproses. Setelah jenis klaim dipilih, peserta akan diminta untuk mengunduh data-data yang diperlukan, antara lain berupa KTP, Kartu Keluarga, Surat Keterangan Kerja, juga buku tabungan," jelasnya.

Dia menambahkan, bila berkas pemohon telah lengkap, peserta akan menerima konfirmasi yang dikirimkan melalui surat elektronik (e-mail). Isinya berupa jadwal pengecekan berkas-berkas asli di Kantor Cabang BPJSTK yang dipilih untuk kemudian dilakukan proses lanjutan.

"Kalau ternyata ada berkas yang tidak sesuai juga akan diberikan konfirmasi melalui e-mail dan akan diarahkan juga datang ke kantor cabang sesuai jadwal yang ditentukan. Jadi setiap tahapan akan kami terus informasikan," katanya.

Keuntungan lainnya menggunakan layanan online ini, kata dia, loket pelayanan juga tidak bercampur dengan peserta manual yang datang ke kantor tersebut. Pelayanannya tentu lebih "Layanan klaim online sudah diperkenalkan pada tahun 2015 dan jumlah peserta yang memanfaatkannya sudah mulai berimbang dengan yang masih memproses klaim secara manual," ungkapnya. (RED)

Comments

Popular posts from this blog

Diantara Beberapa Artis Minang Lagi Naik Daun Ratu Sikumbang dan Rayola

H. MUKRONI FAHMI JABAT CAMAT PAMULANG KOTA TANGSEL YANG BARU

SMUN 10 KOTA TANGSEL BANGUN MASJID AL-MUHAJIRIN