KEPALA DESA HARAPAN JAYA DAN WARGA PETANI SWADAYA NORMALISASI KALI CIKARANG

Kepala Desa Harapan Jaya melakukan normalisasi kali Cikarang (Foto:dok)

KAB.BEKASI,KORANTRANSAKSI.Com - Untuk mengoptimalkan kebutuhan air, Saat musim tànam untuk wilayah Cabang Bungin, Kecamatan ;Muara Gembong dan Sukawangi, warga, khusuanya warga Desa Pantai Harapan Jaya Kecamatan Muara Gembong Kabupaten Bekasi Jawa.Barat, melakukan Normalisasi kali cikarang dan pembersihan tumpukan sampah disetiap pintu-pintu  air.

Kegiatan pembersihan disetiap pintu air khususnya pintu air kali Cikarang / CBL yang ada kampung Cikarang Jati Desa Sukajaya Kecamatan Cibitung dan Pintu air yang barada di  , Desa Sukamulya Kecamatan Sukatani, Agar air bisa mengalir dengan lancar sehingga kebutuhan warga masyarakat petani untuk mengairi sawah terpenuhi.

Kegiatan Normalisasi kali cikarang yang sudah beberapa hari dilaksanakan adalah hasil dari swadaya masyarakat khususnya kelompok tani Desa Pantai harapan Jaya dan dibantu oleh kepala Desa harapan jaya dan  bekerjasama dengan Koramil Kecamatan Muara Gembong.

Saat ditemui jurnalis media korantransaksi.com dilokasi kegiatan ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan ) Pantai Harapan Jaya Karnadi mengatakan," Saat ini air untuk mengairi sawah sudah tidak ada/sudah kering,  Jangankan lagi untuk mengairi sawah, buat cuci dan mandi sudah tidak bisa, dan pernah kita demo ke Pengairan , direspon tapi tidak terlaksana.

"Menurutnya selama pintu àir tidak dilakukan normalisasi, Air tetap akan mengalir tidak normal " sekarang di galakkan untuk meningkatkan swasembada pangan, Sementara kurang lebih 850 hektar sawah di desa harapan jaya  kekeringan, yang tentunya akan mempengaruhi hasil panen.

Sementara Babinsa Pantai Harapan Jaya Narto Widodo mengatakan, adanya TNI AD bekerjasama dengan Dinas Pertanian melalui bulok untuk serab gabah khusus Desa Pantai Harapan Jaya dan Desa lainnya terutama empat Desa termasuk Sukaringin, Sukakerta dan Jaya Bhakti, tidak bisa meningkatkan hasil penennya dengan maksimal karena kendalanya air bagaimana bisa memaksimalkan hasil panen kalau air tidak terealisaai sampai dibawah Kepala Desa Harap jaya.

Mahir menjelaskan, kegiatan tersebut adalah mutlak dari swadaya masyarakat khususnya Desa Pantai Harapan Jaya " karena sekarang memang sudah sangat miris, jangankan buat pertanian untuk mandi sudah tidak ada karena bersama warga ia melihat banyak sekali tumpukan sampah, maka ia bersama warga mengambil inisiatif melalui swadaya.

Dituturkannya pada saat nolmalisasi pintu air CBL  selasa( 03/04/2018)kalau kami menunggu usulan sampai saat ini tidak terealisasi, yang ada nanti gagal tanam bukan lagi gagal panen karena tidak ada air.dan ia sudah kordinasi dengan DINAS  PUPR untuk tahun ini tidak ada anggaran dan akan dianggarkan tahun 2019 " ini kan bukan terjadi cuma sekarang, ini udah tahunan dan musiman " jelasnya. ( suganda)

Posting Komentar

0 Komentar