Pancasila Kembali Jadi Mata Pelajaran Wajib

JAKARTA, KORANTRANSAKSI.com - Pancasila akan kembali dimasukkan sebagai mata pelajaran di berbagai tingkat sekolah di Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, mata pelajaran ini akan digolongkan menjadi mata pelajaran wajib. Seperti Diketahui, pasca pemerintahan Jokowi kita baru sadar kalau selama ini symbol Pancasila hanya jadi bahan hafalan anak-anak sekolah. Hakekat Pancasila sebagai way of life sesuai pesan Bung Karno nyaris dilupakan.
Kepala Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) Yudi Latif mengatakan, hal ini akan segera dibicarakan dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, agar mata pelajaran Pancasila dapat segera diajarkan kepada seluruh siswa di Indonesia. Tentunya bukan jadi mata pelajaran hafalan belaka tapi tanpa makna. “Kita duduk bersama dengan kementerian terkait untuk itu tadi menyusun materi pembelajaran dan metode delivery-nya,” kata Yudi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (9/6) lalu.
Menurut Yudi, pendidikan Pancasila di sekolah adalah prioritas utama UKP-PIP. Ia menilai bahwa metode ini dapat menanamkan nilai-nilai Pancasila dengan efektif kepada anak didik yang masih berusia belia sehingga diharapkan akan menimbulkan dampak jangka panjang. Sementara itu kalangan orangtua meminta agar metode pembelajaran jangan cuma berorientasi hafalan. Siswa hafal sila-sila pada Pancasila, namun guru tidak mengiplementasikan dalam contoh perbuatan nyata yang harus dilakukan anak didik itu sendiri. Sementara itu,UKP-PIP nantinya akan membantu menyusun materi pelajaran yang akan diajarkan kepada para siswa sesuai dengan tingkatannya. (Odjie/Ak/N)***

Comments

Popular posts from this blog

Diantara Beberapa Artis Minang Lagi Naik Daun Ratu Sikumbang dan Rayola

H. MUKRONI FAHMI JABAT CAMAT PAMULANG KOTA TANGSEL YANG BARU

SMUN 10 KOTA TANGSEL BANGUN MASJID AL-MUHAJIRIN