TNI/AU Tidak Berhak Periksa Isi Pesawat AS

Pesawat militer Amerika Serikat mendarat darurat di Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh Besar.
Pesawat militer Amerika Serikat mendarat darurat di Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh Besar.
JAKARTA, KORANTRANSAKSI.com - Kasus mendaratnya pesawat militer Amerika Serikat dengan kondisi darurat di Aceh, mengundang tanya apa saja isi dalam pesawat yang dibawa. Seperti diketahui, pendaratan darurat itu terpaksa dilakukan akibat mesin nomor 4 terbakar. Karena pesawat itu milik militer, wajar saja ada keingin-tahuan membawa barang apa dalam pesawat yang berangkat dari Diego Garcia itu.
"Isi di dalam pesawat, kita tidak ada kewewenangan," kata Komandan Lanud Sultan Iskandar Muda (SIM) Kolonel Pnb Suliono saat ditemui wartawan, Sabtu (25/3/2017) kemarin.
Menurut penjelasan pihak TNI Angkatan Udara, pihaknya tidak punya hak untuk mengecek isi di dalam pesawat. Karena pesawat tersebut mendarat di Aceh dalam keadaan darurat akibat salah satu mesinnya terbakar. "Otoritas Lanud tidak ada hak untuk periksa isi pesawat," jelas Suliono.
Pihak TNI-AU hanya sebatas mengawal dan mengecek kondisi kerusakan. Namun, menurutnya mereka tetap mengawasi kegiatan para kru dan tidak memperbolehkan ada barang yang dibawa keluar atau masuk dari dan ke dalam pesawat bersangkutan.
Pihak TNI-AU selalu mengawasi pesawat yang parkir di lokasi tersebut. Barang yang keluar- masuk ke dalam pesawat tidak diizinkan. “Jadi prosesnya begini, teman-teman kru yang menginap di hotel kita terapkan standar, seperti masuk bandara melalui X-Ray dan segala macam," ungkap Suliono. "Tidak boleh ada barang terlarang masuk bandara atau dibawa ke luar dari bandara," tambah Suliono.
Pesawat jenis Boeing 707 yang mengangkut 20 personel militer AS mendarat darurat di Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar, Aceh pada hari Jumat (24/3) yang lalu. Belakangan diketahui pesawat mengalami kerusakan pada salah satu mesinnya saat terbang dari Diego Garcia di Samudera Hindia menuju Bandara Haneda di Jepang. Menurut pihak kru, kerusakan terjadi pada mesin nomor 4 yang terbakar. (Od/H-dt)

Comments

Popular posts from this blog

H. MUKRONI FAHMI JABAT CAMAT PAMULANG KOTA TANGSEL YANG BARU

London Love Story 2, Ending Kisah Cinta Caramel

Diantara Beberapa Artis Minang Lagi Naik Daun Ratu Sikumbang dan Rayola