Pemkot Tangsel dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Jalin Kerjasama

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany dan Rektor UIN Syarif Hidayatulah Jakarta Prof DR Dede Rosyada menandatangani MoU.
TANGSEL, KORANTRANSAKSI.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatulah Jakarta menandatangani kerjasama tanpa batas. Kerjasama tersebut akan difokuskan pada pengembangan sumber daya manusia (SDM).
Rektor UIN Syarif Hidayatulah Jakarta Prof DR Dede Rosyada mengatakan, program kerja sama ini bentuk dari kelanjutan sebelumnya yaitu UIN mampu berdampak baik kepada lingkungan sekitar kampus dan warga Tangsel secara keseluruhan.
“Bagaimana kampus ini bisa dekat dengan masyarakat. Jika dilihat dari misi UIN, saat ini core bisnisnya pada studi agama Islam,” kata Dede di hadapan para dekan dan jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkot Tangsel di Gedung Rektorat UIN, Ciputat Timur.
Pihaknya, sambung Rektor, ingin menjadikan kesalihan masyarakat Tangsel dan dapat istiqomah di tengah lingkungan masyarakat. UIN fokus kerja sama dengan Pemkot Tangsel supaya bisa sejalan dengan visi dan misi pemerintah daerah untuk lima tahun ke depan. “Bagaimana kita mempromosikan kesalihan masyarakat Tangsel dengan keahlian bidang teknologi dan inovasi ke depan. Ini yang kami akan kembangkan tentunya sejalan dengan program Pemkot Tangsel,” tambahnya.
Untuk tahun ini saja ada 500 dosen yang diterjunkan untuk melakukan riset. Hasil riset tak hanya dibukukan untuk referensi semata, tapi harus dapat dikaji dan dipatenkan supaya menjadi satu inovasi ke depan. “Nanti akan dikaji untuk kemaslahan di masyarakat agar tidak hanya menjadi satu teori semata tapi dapat dikembangkan dalam disiplin ilmu masa kini berupa teknologi,” paparnya.
Meski UIN akan bermetamorfosis menjadi kampus penyedia pangsa pasar, bukan berarti menghilangkan esensi dari studi agama. Ia menyadari misalkan studi filsafat, tafsir hadist tidak ada pangsa pasar. Namun bagaimana nanti ke depan mereka memiliki keahlian keilmuan Islam dan punya ketrampilan cukup bagus.
“Kami juga akan mengeluarkan sertifikat yang dapat diakui dunia kerja, sehingga setelah mendapatkan sertifikat itu mahasiswa akan siap digunakan dimana saja, karena eranya saat ini demikian,” paparnya.
Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan kerjasama ini bagian dari harapan Kota Tangsel menjadi kota madani yang cerdas berdaya saing teknologi. Sedangkan untuk menuju kearah sana harus ada pengembangan SDM yang mumpuni.
“Kami mencetuskan rumus kerja sama dengan pihak swasta, perguruan tinggi dan pemerintah, sehingga saling terkait. Tentunya kerjasama yang sudah dijalankan selama ini perlu ditingkatkan, jika belum bagus dan yang sudah bagus harus tetap dijaga,” katanya.
Pembangunan Kota Tangsel harus melibatkan kampus-kampus yang ada di kawasan. Tangsel sendiri merasa bersyukur memiliki banyak kampus dengan kualitas sangat bagus, maka dari itu harus digandeng dengan baik. “Berharap banyak peneliti bisa bermanfaatkan oleh masyarakat dengan teknologi,” harap Airin. (okt/TP)

Comments

Popular posts from this blog

H. MUKRONI FAHMI JABAT CAMAT PAMULANG KOTA TANGSEL YANG BARU

Diantara Beberapa Artis Minang Lagi Naik Daun Ratu Sikumbang dan Rayola

London Love Story 2, Ending Kisah Cinta Caramel