Dewan Pers Jelaskan Verifikasi Media di HPN Ambon

Logo HPN 2017
AMBON, KORANTRANSAKSI.com - Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo mengatakan bahwa verifikasi media yang telah dilakukan beberapa waktu lalu untuk tahap awal ada 77 media yang berhasil diverifikasi Dewan Pers.
"Sudah ada 77 pers yang berhasil diverifikasi oleh Dewan Pers," kata Yosep dalam puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2017 di lapangan Tantui, Ambon, Maluku, minggu lalu.
Verifikasi ini dilaksanakan sebagai bagian dari proses pendataan perusahaan pers sesuai dengan UU No 40 Tahun 1999 tentang Pers. Hal ini pun dilakukan merujuk pada empat peraturan Dewan Pers.
Diantaranya kode etik jurnalistik, standar perusahaan pers, standar kompetensi wartawan, dan standar perlindungan wartawan,” katanya.
Ditambahkan Yosep hal itu dilakukan agar pers turut serta melawan hoax. Sebab, saat ini hoax menjadi salah satu masalah yang sangat mengganggu publik.
"Masyarakat pers tidak akan membiarkan ini terus terjadi. Karena yang paling dirugikan adalah hak publik atas informasi yang benar," ujar Yosep.
Dalam kegiatan ini pun HPN 2017 memberikan apresiasi kepada media dan insan pers. Selain itu, dalam acara ini, ada penyerahan bantuan dari Kementerian ESDM, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Lingkungan Hidup.
Acara hari puncak HPN 2017 di Tantui Ambon dihadiri Presiden Joko Widodo.Turut hadir pula Ketua MPR, Ketua DPR, Ketua DPD, Panglima TNI, Kapolri, sejumlah menteri Kabinet Kerja, dan duta besar perwakilan negara sahabat.
Sebelumnya dalam acara Konvensi Nasional Media Massa dan Seminar Persiapan Penyelenggaraan Worlf Press Freedom Day (WPFD) dan Sosialisasi Indeks Kemerdekaan Pers (IKP) hadir sebagai pembicara Menteri Kominfo Rudiantara, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Boy Rafli Amar Ka Devisi Humas Polri dan sejumlah duta negara sahabat di Gedung Siwalima Ambon. (Lora)

Comments

Popular posts from this blog

H. MUKRONI FAHMI JABAT CAMAT PAMULANG KOTA TANGSEL YANG BARU

Diantara Beberapa Artis Minang Lagi Naik Daun Ratu Sikumbang dan Rayola

London Love Story 2, Ending Kisah Cinta Caramel