Disdik Kab Malang Optimis, Tahun Ini Seluruh Sekolah Ikut UNBK

Kadisdik Kab Malang, Pudianto, Plt.
Kadisdik Kab Malang, Pudianto.
MALANG, KORANTRANSAKSI.com - Kadisdik Kab Malang, Pudianto, Plt,  menjelaskan kesiapan dan Keseriusan Dinas Pendidikan (Disdik) Kab Malang dalam mengupayakan seluruh Sekolah Menengah Pertama (SMP) baik negeri maupun swasta untuk mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Senin (16/1/2017) patut diacungi jempol.
Menurut Pudianto, sejak awal tahun, berbagai ikhtiar dilakukan oleh Disdik Kab Malang, baik berupa sosialisasi, rapat internal, pendataan infrastruktur maupun pemetaan wilayah SMP dalam menghadapi UNBK 2017.
"Kami akan terus berupaya agar seluruh SMP bisa ikut UNBK 2017. Sampai saat ini diperkirakan sudah mendekati 100 persen yang bersiap," kata Plt Disdik Kab Malang itu.
"Kami optimis bisa melaksanakan UNBK di Kab Malang, adapun masalah teknis tinggal tunggu Pedoman Operasional Sekolah (POS) dari pusat yang belum turun," jelasnya yang juga menyampaikan seluruh persiapan terus dimatangkan. Masih menurut Pudianto, bulan Maret nanti akan selesai semuanya dan Kab Malang siap untuk UNBK.
Polemik pelaksanaan UNBK di daerah yang pernah mencuat dan menimbulkan berbagai pro kontra di sekolahan di akhir Desember 2016 silam, banyak mendapat jalan tengah oleh Pemerintah.
Awalnya kata Pudianto, "memang menimbulkan persoalan, terutama dalam persiapan, baik itu infrastruktur, guru maupun muridnya. Ada ketakutan di tingkat sekolahan dalam melaksanakan UNBK," kata dia.
Namun ketakutan tersebut lanjutnya, langsung ditengahi oleh Pusat dengan memberlakukan empat sistem ujian yang akan dilaksanakan diseluruh Indonesia.
Pertama, UNBK dengan sistem mata pelajaran sesuai POS yang nanti ditentukan kementerian. Kedua, Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dengan komposisi mata pelajaran 25 persen dari pusat 75 persen daerah. Sementara yang ketiga, ujian full sekolah dan terakhir ujian praktek. "Optimis kita bisa mas. Kab Malang adalah daerah yang siap melaksanakan UNBK," tegasnya
Dia juga menyampaikan bahwa sekolah sudah mempersiapkan muridnya, baik melalui pelatihan-pelatihan maupun semacam try out dan simulasi.
Pudi sapaan akrab Plt Disdik Kab Malang itu juga berharap, secara akademis murid sekolah akan mendapat nilai maksimal dalam UNBK, dan bulan depan kita juga akan mulai melakukan simulasi UNBK,"ujarnya. (Gus)

Comments

Popular posts from this blog

H. MUKRONI FAHMI JABAT CAMAT PAMULANG KOTA TANGSEL YANG BARU

London Love Story 2, Ending Kisah Cinta Caramel

Diantara Beberapa Artis Minang Lagi Naik Daun Ratu Sikumbang dan Rayola