Basyafa, Ikon Wisata Religi Satu-Satunya Di Padang Pariaman

Tradisi Basyafa.
PADANGPARIAMAN, KORANTRANSAKSI.com - Basyafa merupakan wisata religi satu-satunya yang terdapat di Sumatera Barat tepatnya di nagari Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman, bahkan telah dikenal di Asia Tenggara sebagai destinasi wisata religius.
Basyafa adalah salah satu aktivitas ritual keagamaan yang dilakukan oleh kelompok muslim tarekat syatariyah. Ritual ini hadir setiap tahunnya setiap hari Rabu, bertepatan wafatnya Syech Burhanuddin atau sesudah tanggal 10 bulan syafar di makam Syech Burhanuddin di Ulakan, Kabupaten Padang Pariaman.
Syech Burhanudin adalah salah seorang murid kepercayaan Abdul Rauf Singkil yang membawa ajaran Tarekat Syatariyah ke Pariaman. Ia lahir pada tahun 1946 dan meninggal pada tahun 1963 di Ulakan Pariaman yang bertepatan pada bulan Syafar 1111 H. Dalam hal ini Syech Burhanudin dikenal sebagai tokoh yang berpengaruh dalam mengembangkan ajaran Islam di minangkabau.
Dalam pelaksanaanya Basyafa dibagi menjadi tiga, yakni ziarah dan berdoa di makam Syech Burhanudin, shalat wajib dan sunat serta zikir.
Pemerintah setempat terus melakukan pembenahan pada kawasan wisata religius hingga rampung pada 2017 nanti. “Pada tahun 2017 nanti Pemkab Padang Pariaman akan menganggarkan sekitar Rp 3,5 miliar untuk pengembangan kawasan wisata religi” kata Bupati Padang Pariaman yang ditemui usai jumpa pers dengan wartawan tentang kegiatan basyafa yang dilaksanakan pada 16 November 2016.
Kita mengharapkan bantuan provinsi bagaimana wisata religi ini masuk pada kalender nasional, tambahnya,” tambahnya.
Sementara itu Kabid Pariwisata Sumbar, Reza menyampaikan, untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Ulakan pemerintah provinsi Sumbar telah mengambil bagian dengan turut gencar mensosialisasikannya ke tengah-tengah masyarakat. (Bas/Fw)

Comments

Popular posts from this blog

H. MUKRONI FAHMI JABAT CAMAT PAMULANG KOTA TANGSEL YANG BARU

Diantara Beberapa Artis Minang Lagi Naik Daun Ratu Sikumbang dan Rayola

London Love Story 2, Ending Kisah Cinta Caramel