Program Germas Dicanangkan di Padangpariaman

PADANGPARIAMAN, KORANTRANSAKSI.com - Sebagai upaya peningkatan hidup sehat dan bersih di masyarakat, pemerintah meluncurkan program gerakan masyarakat hidup sehat (Germas). Program yang merupakan gagasan Wakil Presiden Republik Indonesia Muhammad Jusuf Kalla ini, dicanangkan serentak di 10 Kabupaten/kota se-Indonesia, termasuk di Kabupaten Padangpariaman.
Selain dicanangkan di Kabupaten Padangpariaman, Germas juga dicanangkan di Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Bandung, Kabupaten Purbalingga, Kota Batam, Kabupaten Bogor, Kota Jambi, Kota Pare-pare, Kota Surabaya, dan Kota Madiun.
“Jika dilakukan dengan cara promotif dan preventif, program Germas ini diharapkan dapat menurunkan beban penyakit. Menurunkan angka produktivitas penduduk, serta menurunkan beban biaya kesehatan,” ujar Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Yembise, seusai mencanangkan Germas di lapangan Nagari Sungaiabang, Kecamatan Lubuk alung, Kabupaten Padang Pariaman, belum lama ini.
Menurut Menteri PPPA, pembangunan kesehatan di Indonesia merupakan bentuk aplikasi nyata dari revolusi mental. Untuk itu, dia memberi poin kecil yang dapat dilakukan dalam membudayakan hidup sehat dan bersih. Di antarnya mencuci tangan menggunakan sabun sebelum makan, menjaga kebersihan rumah, ketersedian air bersih, makan buah dan sayur menajga aktivitas olahraga. “Selain para keluarga, lingkungan harus bisa menjaga anak-anak dari bahaya asap rokok, karena budaya hidup bersih dan sehat harus dimulai dari diri sendiri,” ujarnya.
Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengatakan Germas harus didukung dan disukseskan oleh semua pihak. Dia mengungkapkan persentase realisasi kesehatan di Provinsi Sumbar telah mencapai 20 persen. Artinya, angka persentase itu bukti nyata komitmen pemerintah dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat,” terangnya.
“Gerakan masyarakat hidup sehat tidak akan berhasil tanpa adanya aksi nyata dari masyarakat. Pemerintah hanya memfasilitasi. Untuk itu, masyarakat harus berbuat nyata mencapai kualitas hidup yang sehat ini,” ujarnya.
Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni mengatakan, sebelum pencanangan program Germas, pihaknya telah menjalankan program Padangpariaman Sehat sejak 2015. Melalui program Padangpariaman Sehat, seluruh biaya kesehatan di Padangpariaman gratis. “Padangpariaman Sehat bekerja sama dengan Bdan Amil Zakat Nasional. Jadi, pemerataan kesehatan dapat dilakukan karena biaya kesehatan digratiskan,” kata Ali Mukhni.
Dalam program Germas itu, masyarakat diajak melaksanakan senam bersama. Mulai warga dari usia murid SD, hingga kalangan lanjut usia (lansia). Setelah itu, Menteri PPPA menyempatkan untuk berkunjung ke Puskesmas Lubukalung, SMAN 1 Lubukalung, serta rumah warga yang telah mendapat program bedah Pemerintah Kabupaten Padangpariaman. (Bas)

KOMENTAR

Nama

Advertorial,5,Bea Cukai,6,BPN,2,Ekonomi,97,Film,23,Headline,85,Hibura,1,Hiburan,55,Hukum,77,Imigrasi,1,Internasional,1,Karimun,1,Lingkungan Hidup,1,Megapolitan,150,Musik,15,Nasional,265,NCW,1,Nusantara,19,Opini,10,Padang Pariaman,6,Pangkalpinang,1,Pariwisata,2,Pendidikan,43,Pidie,1,Politik,10,Polkam,1,Sepak Bola,11,Sinetron,1,Sport,20,Tasikmalaya,3,Tekno,5,Televisi,13,Trans Aceh,2,Trans Alor,1,Trans Asahan,1,Trans Babel,15,Trans Bali,2,Trans Bandung,5,Trans Banten,96,Trans Batam,3,Trans Batang,1,Trans Bekasi,53,Trans Belitung,5,Trans Beltim,1,Trans Belu,1,Trans Bengkulu,1,Trans Blitar,1,Trans Bogor,5,Trans Cimahi,6,Trans Demak,1,Trans Depok,16,Trans Gorontalo,4,Trans Humbahas,2,Trans Indragiri Hilir,1,Trans Indramayu,1,Trans Jabar,77,Trans Jakarta,67,Trans Jambi,1,Trans Jateng,14,Trans Jatim,107,Trans Jawa,220,Trans Kaimana,1,Trans Kalbar,5,Trans Kalimantan,6,Trans Kalteng,2,Trans Karawang,57,Trans Karo,1,Trans Kepri,4,Trans Klaten,1,Trans Lombok,1,Trans Magelang,1,Trans Magetan,1,Trans Malang,83,Trans Medan,1,Trans NTB,2,Trans NTT,2,Trans Padang Panjang,1,Trans Pagaralam,7,Trans Pangkalpinang,3,Trans Papua Barat,3,Trans Pekalongan,4,Trans Pontianak,1,Trans Prabumulih,5,Trans Purwakarta,2,Trans Raja Ampat,2,Trans Riau,1,Trans Sambas,1,Trans Sampit,1,Trans Sanggau,2,Trans Semarang,3,Trans Sidoarjo,15,Trans Sulawesi,4,Trans Sumatera,47,Trans Sumbar,8,Trans Sumsel,16,Trans Sumut,7,Trans Surabaya,1,Trans Surakarta,1,Trans Tangerang,1,Trans Tangsel,76,Trans Tapanuli Utara,2,Trans Tasikmalaya,2,Trans Tuban,1,Trans Tulung Agung,1,Trans Wonosobo,1,Trans Yogyakarta,2,Transportasi,4,Trasn Sumenep,1,
ltr
item
Koran Transaksi: Program Germas Dicanangkan di Padangpariaman
Program Germas Dicanangkan di Padangpariaman
https://4.bp.blogspot.com/-KzquFMh5jiI/WEZTC9bVAXI/AAAAAAAACV8/nfiO4V6A6A8Qrute5oyXbqJ5YpIZmk-JwCLcB/s1600/Germas.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-KzquFMh5jiI/WEZTC9bVAXI/AAAAAAAACV8/nfiO4V6A6A8Qrute5oyXbqJ5YpIZmk-JwCLcB/s72-c/Germas.jpg
Koran Transaksi
http://www.korantransaksi.com/2016/12/program-germas-dicanangkan-di.html
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/2016/12/program-germas-dicanangkan-di.html
true
1002478562800392392
UTF-8
Memuat Seluruh Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua DIREKOMENDASIKAN KATAGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Tidak menemukan berita yang sesuai dengan permintaan anda KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow INI KONTEN PREMIUM Silahkan bagikan untuk membuka Salin Seluruh Code Pilih Seluruh Code Semua kode telah disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode/teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin