Pembangunan Turap Diduga Asal Jadi

Proyek Pembangunan Turap.
Bekasi, TransPembangunan turap Kalen Rasmi sampai Kali Uluh, Desa Karang Setia, Kecamatan Karawang Bahagia, Kabupaten Bekasi diduga dikerjakan asal jadi. Selain itu, proyek pembangunan turap yang menggunakan anggaran APBD Kabupaten Bekasi tahun anggaran 2016 itu, pengawasannya terkesan tidak transparan.
Menurut, Wakil Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Karang Setia, Saidi Asgar proyek pembangunan turap dikerjakan asal-asalan, seperti pada pemasangan batu pertama sebagai pondasi yang tidak digali sebagaimana mestinya. “Diduga volume tinggi dikurangi dari pada semestinya,” ujarnya kepada Koran Transaksi saat melakukan sidak, belum lama ini.
“Selain itu, proyek dikerjakan dengan menggunakan adukan tidak sebagaimana mestinya, dikarenakan kondisi sawahnya ada airnya. Untuk kualitas yang maksimal harusnya pondasi awal digali dengan kedalaman yang sudah ditentukan dalam RAB. Airnya juga seharusnya dikeringkan dahulu, ketika melaksanakan pemasangan batu belahnya,” terangnya.
Pemasangan turap yang tidak dilakukan penggalian, lanjutnya, tentu akan mengurangi kualitas bangunan turap tersebut, serta mengurangi costanggaran yang sudah ditetapkan. Seperti halnya kedalaman pondasi dari permukaan tanah, akan tidak sesuai dengan yang ada dalam RAB,” imbuhnya.
Anggaran yang sudah diplot itu pasti ada untungnya buat pemborong, jangan ingin mengeruk keuntungan lebih banyak lagi, dengan tidak memperhatikan kualitas bangunan turap Kalen Rasmi sampai Kali Uluh. Yang lebih anehnya lagi pengawas dari Dinas & konsultan, terkesan diam saja, ada apa ini?,” tandasnya.
Hingga berita ini diterbitkan, pihak pemborong belum berhasil ditemui. Hanya salah seorang pekerja pembangunan turap saja yang bisa ditemukan di lokasi proyek. | Suganda

Comments

Popular posts from this blog

H. MUKRONI FAHMI JABAT CAMAT PAMULANG KOTA TANGSEL YANG BARU

Diantara Beberapa Artis Minang Lagi Naik Daun Ratu Sikumbang dan Rayola

London Love Story 2, Ending Kisah Cinta Caramel