Masjid Istiqlal Tidak Menggelar Sholat Jumat Hari ini, Di Tutup Hingga 19 April Mendatang

Sebuah Spanduk Besar Bertuliskan Peniadaan Sholat Jumat Berjamaah Terpasang Di Pintu Masuk Masjid Istiqlal (Foto:dok)

Jakarta, KORANTRANSAKSI.Com – Masjid Istiqlal di Jakarta Pusat kembali tidak menggelar sholat Jumat berjamaah hari ini. Hal tersebut dilakukan guna untuk mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19, Ini merupakan bentuk upaya Pemerintah dalam memutus penyebaran virus Corona. Ini merupakan pekan ketiga shalat Jumat ditiadakan di masjid tersebut.

"Nggak ada, Masjid Istiqlal ditutup sampai tanggal 19 April," kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah.

Ia mengatakan, penutupan itu berdasarkan keputusan dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
"Iya, sudah diperpanjang sampai 19 (April) sesuai imbauan Pak Gubernur," kata Abu.

Abu juga mneyampaikan bahwa, pihaknya juga telah memasang spanduk atau pengumuman di setiap pintu masuk. Dalam hal ini, pihaknya juga telah menyiapkan petugas dan anggota Kepolisian guna untuk mengantisipasi kedatangan para jemaah.

"Sudah ada spanduk besar. Pintu sudah kami tutup dan dijaga oleh polisi dan satpam," pungkas Abu
.
Ketua Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Hasannudin AF telah mengeluarkan fatwa tentang penyelenggaraan ibadah dalam situasi wabah virus Corona ini.

Dalam fatwa ini MUI merujuk umat muslim yang hendak menyelenggarakan ibadah salat Jumat untuk bisa membatasi diri bila berada di zona merah atau rawan penyebaran sesuai data dimiliki otoritas terkait, dengan membolehkan tidak salat Jumat di masjid.

"Dalam hal ia berada di suatu kawasan yang potensi penularannya tinggi atau sangat tinggi berdasarkan ketetapan pihak yang berwenang, maka ia boleh meninggalkan salat Jumat dan menggantikannya dengan salat Zuhur di tempat kediaman," tulis fatwa yang dikeluarkan di Jakarta pada 21 Rajab 1434 H atau 16 Maret 2020. ( ZIQ)

Posting Komentar

0 Komentar