Simpang BCP Arah Jakarta Ditutup, Dishub Bekasi Akan Siapkan Rekayasa Lalin

Simpang Bekasi Cyber Park (BCP ) yang arah Jakarta akan ditutup (Foto:dok)

Bekasi, KORANTRANSAKSI.Com - Jalan KH Noer Ali (Kalimalang) arah Jakarta yang berada di Simpang Bekasi Cyber Park (BCP) akan ditutup. Penutupan itu terkait adanya pengerjaan Tol Becakayu.

"Simpang BCP yang ke arah Jakarta itu kan dipasang tiang pier 347 (Tol Becakayu). Tiang pier ini bukan tiang yang sudah berjejer di Kalimalang, tapi tiang pier ini tiang utama yang menopang jembatan yang akan menyebrang Jalan Ahmad Yani sepanjang 104 meter," ujar Kabid Lalu Lintas Dishub Kota Bekasi, Johan Budi

Penutupan Jalan KH Noer Ali arah Jakarta di simpang BCP akan dilakukan dalam waktu dekat ini. "Paling cepat akhir Juli, paling lambat awal Agustus, kami lihat situasional. (Jalan KH Noer Ali arah Jakarta di Simpang BCP) sudah pasti ditutup," ujar Johan.

Johan menjelaskan konsekuensi dari penutupan Jalan KH Noer Ali arah Jakarta ini, yakni pengendara dari Jalan Hasibuan tidak bisa melintas langsung menuju Jalan KH Noer Ali.

Dishub Bekasi menyiapkan dua rekayasa lalu lintas. Pertama, arus lalu lintas dari arah Jalan Hasibuan akan diarahkan memutar di U-Turn kolong Tol Pekayon. "Kemarin ada masukan ke Satlantas bagaimana kalau diputar di U-Turn Pekayon," ujar Johan.

Nantinya, kendaraan yang hendak ke arah Jakarta dari Jalan Hasibuan akan dibelokan ke Jalan Ahmad Yani. Kemudian, pengendara memutar melalui U-Turn kolong Tol Pekayon untuk kembali ke simpang BCP. Selanjutnya, kendaraan dapat masuk di Jalan Kalimalang sisi selatan (depan Metropolitan Mall).

Jika opsi pertama tidak berjalan dengan baik, Dishub Bekasi menerapkan opsi kedua, yakni kendaraan dari Jalan Hasibuan yang hendak ke Jalan KH Noer Ali arah Jakarta, harus melewati Jalan Irigasi (samping Giant Hypermart Bekasi).

"Kami alihkan ke alternatif kedua yaitu dari sisi (Jalan) pengairan. Kami bisa langsung kan ke (Jalan) Kalimalang dengan metode traffic light," ujar Johan.

Penutupan Jalan KH Noer Ali akan ditutup dalam waktu dekat ini (Foto:dok)
Teknisnya, kendaraan di Jalan Hasibuan yang hendak ke Jalan KH Noer Ali, diarahkan ke Jalan Letjen Sarbini melalui Jembatan Presdo. Kemudian, kendaraan dapat melawati Jalan Pengairan yang berada di samping Giant Hypermart.

Johan menyebut traffic light berserta sejumlah personel Dishub Kota Bekasi akan dikerahkan untuk mengatur lalu lintas kendaraan yang hendak menyeberang dari Jalan Pengairan ke Jalan Kalimalang sisi selatan.

Adanya rekayasa lalu lintas ini diprediksi menimbulkan kemacetan. "Kami berusaha lah, kalaupun ada antrean, tapi antrean yang ada harapan. Bukan yang stuck tanpa kejelasan. Kami berusaha seoptimal mungkin, kepadatan yang ada di simpang Giant, simpang (tol) Bekasi Barat, simpang BCP itu bisa terurai," lanjutnya.

Diketahui, Simpang BCP merupakan titik pertemuan antara tiga jalan utama di Bekasi, yakni Jalan Ahmad Yani dari arah Pekayon hingga ke Stadion Patriot Candrabaga, Jalan Hasibuan dari arah Bekasi Timur hingga ke Simpang BCP, dan Jalan KH Noer Ali dari arah Jakarta.

Kepadatan kerap terjadi di simpang BCP. Selain karena adanya pekerjaan Tol Becakayu di Jalan KH Noer Ali, terdapat pula sejumlah pusat perbelanjaan di sekitar simpang BCP. (TIM)

Posting Komentar

0 Komentar