Akibat Diterjang Angin Puting Beliung, Aliran Listrik di Bogor Selatan Masih Padam


Bogor, KORANTRANSAKSI.Com – Aliran Listrik di sejumlah wilayah di Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat yang terkena angin puting beliung hingga kini masih padam.
Hingga Jumat (7/12/18) siang ini, aliran listrik di Kelurahan Pamoyanan, Cipaku, Rangga Mekar, Batu Tulis, dan Lawang Gintung masih padam sejak Kamis Sore.

"Kami terpaksa nyuci manual. Masak nasi juga pake kompor," kata Restu Widiati, warga Pamoyanan, Kota Bogor, yang mengaku rumahnya tidak terkena tiupan angin kencang.

Dari dua kecamatan, sejumlah kelurahan di Kecamatan Bogor Selatan yang terkena imbas paling parah diterjang angin puting beliung. Sebanyak 770 bangunan terdiri pertokoan dan rumah warga rusak berat hingga sedang. Beberapa di antaranya roboh.

Salah satu bangunan yang rusak akibat puting beliung adalah stasiun Batu Tulis. Atap bangunan Stasiun Batu Tulis pun tak luput dari tiupan angin kencang. Genting stasiun beterbangan. Bahkan, rangka atap kayu ada yang patah.

Namun begitu, listrik padam maupun kerusakan atap tidak mengganggu pelayanan maupun jadwal Kereta Api tujuan Bogor-Sukabumi.

"Listrik padam dari sore kemarin, tapi kami gunakan genset," kata Joko Sugianto Kepala Stasiun Batu Tulis.

Sementara itu, saat dikonfirmasi, belum ada jawaban dari Kepala Humas PLN area Bogor Deni Hernawan. Ratusan rumah warga di tiga kecamatan di Kota Bogor, Jawa Barat terdampak puting beliung, yang terjadi pada Kamis 6 Desember 2018 sore. Ratusan rumah rusak, bahkan ada yang roboh.

Kondisi yang paling parah terkena puting beliung yakni di Kelurahan Batu Tulis dan Lawanggintung, Kecamatan Bogor Selatan. Jumat (7/12/2018) pagi, warga mulai membersihkan rumah-rumahnya. Dibantu sejumlah relawan, BPBD Kota Bogor, dan warga membersihkan akses jalan yang berserakan oleh material berupa puing dan batang pohon di sekitar rumah mereka.


Sedangkan warga yang atapnya roboh dan rusak mengungsi di Masjid Nurul Hidayah, Masjid Al Muhtadin, dan Masjid Khozinatus Sa'adah. Namun sebagian sudah kembali ke rumahnya masing-masing.

Salah satu warga Jalan Saleh Danasasmita RT 2 RW 7 Kelurahan Batu Tulis, Fitri Astuti (42) mengaku mulai pagi sudah membersihkan reruntuhan rumahnya.

"Sejak pagi tadi kami melakukan bersih-bersih reruntuhan," kata Fitri di rumahnya.

Para pemilik tempat usaha juga nampak sibuk membersihkan reruntuhan bangunan toko mereka yang rusak parah akibat terjangan puting beliung. Sementara data yang dihimpun dari Polresta Bogor Kota tercatat sebanyak 770 bangunan rumah dan pertokoan rusak berat hingga ringan di Kecamatan Bogor Selatan.

Ratusan rumah terdampak bencana itu tersebar di di Kelurahan Batu Tulis, Kelurahan Pamoyanan, Kelurahan Cipaku, dan Kelurahan Lawang Gintung. Kemudian sebanyak 78 rumah rusak berat dan ringan di Kelurahan Baranangsiang dan Kelurahan Sukasari, Kecamatan Bogor Timur.

"Total ada 848 bangunan yang terdampak puting beliung," kata Kasubag Humas Polresta Bogor Kota AKP Yuni Astuti.

Selain merusak ratusan bangunan, puting beliung juga menyebabkan 20 pohon tumbang, lima kendaraan umum dan pribadi rusak tertimpa pohon.

Bahkan, seorang ibu rumah tangga bernama Enny Reno Rantau (45) tewas tertimpa pohon saat mrngemudikan kendaraannya di Jalan Lawang Gintung.

Jumat pagi, jenazah warga Cluster Bukit Nirwana I, Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, disemayamkan tak jauh dari rumah duka. (TIM)

KOMENTAR

Nama

Advertorial,5,Bea Cukai,6,BPN,2,Ekonomi,97,Film,25,Headline,99,Hibura,1,Hiburan,63,Hukum,79,Imigrasi,1,Internasional,3,Karimun,1,Lingkungan Hidup,1,Megapolitan,151,Musik,16,Nasional,285,NCW,1,Nusantara,19,Opini,18,Padang Pariaman,6,Pangkalpinang,1,Pariwisata,4,Pendidikan,43,Pidie,1,Politik,10,Polkam,1,Sepak Bola,11,Sinetron,1,Sport,22,Tasikmalaya,3,Tekno,7,Televisi,15,Trans Aceh,2,Trans Alor,1,Trans Asahan,1,Trans Babel,15,Trans Bali,2,Trans Bandung,5,Trans Banten,107,Trans Batam,3,Trans Batang,1,Trans Bekasi,69,Trans Belitung,5,Trans Beltim,1,Trans Belu,1,Trans Bengkulu,1,Trans Blitar,1,Trans Bogor,5,Trans Cimahi,6,Trans Demak,1,Trans Depok,16,Trans Gorontalo,4,Trans Humbahas,2,Trans Indragiri Hilir,1,Trans Indramayu,1,Trans Jabar,78,Trans Jakarta,68,Trans Jambi,1,Trans Jateng,14,Trans Jatim,107,Trans Jawa,220,Trans Kaimana,1,Trans Kalbar,5,Trans Kalimantan,6,Trans Kalteng,2,Trans Karawang,59,Trans Karo,1,Trans Kepri,4,Trans Klaten,1,Trans Lombok,1,Trans Magelang,1,Trans Magetan,1,Trans Malang,83,Trans Medan,1,Trans NTB,2,Trans NTT,2,Trans Padang Panjang,1,Trans Pagaralam,7,Trans Pangkalpinang,3,Trans Papua Barat,3,Trans Pekalongan,4,Trans Pontianak,1,Trans Prabumulih,5,Trans Purwakarta,2,Trans Raja Ampat,2,Trans Riau,1,Trans Sambas,1,Trans Sampit,1,Trans Sanggau,2,Trans Semarang,3,Trans Sidoarjo,15,Trans Sulawesi,4,Trans Sumatera,47,Trans Sumbar,12,Trans Sumsel,19,Trans Sumut,9,Trans Surabaya,1,Trans Surakarta,1,Trans Tangerang,1,Trans Tangsel,85,Trans Tapanuli Utara,2,Trans Tasikmalaya,2,Trans Tuban,1,Trans Tulung Agung,1,Trans Wonosobo,1,Trans Yogyakarta,2,Transportasi,4,Trasn Sumenep,1,
ltr
item
Koran Transaksi: Akibat Diterjang Angin Puting Beliung, Aliran Listrik di Bogor Selatan Masih Padam
Akibat Diterjang Angin Puting Beliung, Aliran Listrik di Bogor Selatan Masih Padam
https://4.bp.blogspot.com/--Zypo04a05M/XAoXst0jsOI/AAAAAAAAJK8/KwSz-f36mccCDCyGQjSF7Sav8YbyKgDfACLcBGAs/s1600/dfrg.jpg
https://4.bp.blogspot.com/--Zypo04a05M/XAoXst0jsOI/AAAAAAAAJK8/KwSz-f36mccCDCyGQjSF7Sav8YbyKgDfACLcBGAs/s72-c/dfrg.jpg
Koran Transaksi
http://www.korantransaksi.com/2018/12/akibat-diterjang-angin-puting-beliung.html
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/2018/12/akibat-diterjang-angin-puting-beliung.html
true
1002478562800392392
UTF-8
Memuat Seluruh Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua DIREKOMENDASIKAN KATAGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Tidak menemukan berita yang sesuai dengan permintaan anda KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow INI KONTEN PREMIUM Silahkan bagikan untuk membuka Salin Seluruh Code Pilih Seluruh Code Semua kode telah disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode/teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin