Dugaan Ijazah Palsu Oknum DPRD Tangsel Bukan Wewenang KPU

Ijazah Palsu
TANGSEL, KORANTRANSAKSI.com - Ribut-ribut dugaan penggunaan ijazah sarjana palsu oleh oknum anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang Selatan yang dilaporkan Aliansi Peduli Masyarakat Serpong (APMS) ke Badan Kehormatan Dewan (BKD) minggu lalu, ditanggapi Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangsel, Muhammad Subchan, Rabu silam.
“Persyaratan pencalonan seorang calon anggota legislatif (caleg) pada pemilu legislatif 2014 sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 7 Tahun 2013 menyebutkan, bagi calon anggota legislatif wajib melampirkan ijazah terakhir dalam hal ini ijazah SMA. Jika pun ingin menyematkan gelar pendidikan tinggi, bisa dilampirkan ijazah tambahan. Namun secara administratif, hanya wajib melampirkan ijazah SMA saja,” kata Subchan.
Artinya, syarat caleg pada pileg 2014, pendidikan cukup SMA atau sederajat. Kalau ada ijazah di atasnya hanya untuk kepentingan gelar saja. Menurut Subchan lagi, pada tahapan pencalonan pileg kemarin tidak ada info atau tanggapan dari masyarakat terkati dengan masalah yang dimaksud, sehingga tidak ada masalah pada proses pencalonan pemilihan calon legislative tersebut.
“Kalau sekarang statusnya sudah anggota legislatif, maka itu bukan domainnya KPU lagi. Itu kewenangan BKD, bahkan pembelaan diri terhadap dugaan pelanggaran ketentuan perundang-undangan, kode etik, peraturan dan tata tertib DPRD itu telah diatur dalam peraturan dan UU terkait, yaitu UU MD3 No.17 Tahun 2014 dan lainnya,” tambahnya lagi.
Adapun sanksi bagi anggota DPRD yang menggunakan gelar palsu, dia menyerahkan mekanismenya kepada Mahkamah Kehormatan Dewan. Dia kemudian menjelaskan, kalau semua berkas administrasi yang disertakan dalam pencalonan calon legislatif pada Pileg 2014 itu semuanya telah diverifikasi.
“Semua diverifikasi, ada pemeriksaan berkas atau dokumen pencalonan, temasuk ijazah apakah terlegalisir atau tidak, tanggal dan tahun legalisirnya, dll. Verifikasi faktual juga dilakukan, apabila ada informasi atau tanggapan dari masyarakat. Dan, diawal tahapan pencalonan KPU juga menyampaikan surat permohonan bantuan Dindik dan Kemenag untuk membantu dalam proses verifikasi,” ungkap M Subchan. (Od/St)

KOMENTAR

Nama

Advertorial,5,Bea Cukai,6,BPN,2,Ekonomi,97,Film,23,Headline,85,Hibura,1,Hiburan,55,Hukum,77,Imigrasi,1,Internasional,1,Karimun,1,Lingkungan Hidup,1,Megapolitan,150,Musik,15,Nasional,265,NCW,1,Nusantara,19,Opini,10,Padang Pariaman,6,Pangkalpinang,1,Pariwisata,2,Pendidikan,43,Pidie,1,Politik,10,Polkam,1,Sepak Bola,11,Sinetron,1,Sport,20,Tasikmalaya,3,Tekno,5,Televisi,13,Trans Aceh,2,Trans Alor,1,Trans Asahan,1,Trans Babel,15,Trans Bali,2,Trans Bandung,5,Trans Banten,96,Trans Batam,3,Trans Batang,1,Trans Bekasi,53,Trans Belitung,5,Trans Beltim,1,Trans Belu,1,Trans Bengkulu,1,Trans Blitar,1,Trans Bogor,5,Trans Cimahi,6,Trans Demak,1,Trans Depok,16,Trans Gorontalo,4,Trans Humbahas,2,Trans Indragiri Hilir,1,Trans Indramayu,1,Trans Jabar,77,Trans Jakarta,67,Trans Jambi,1,Trans Jateng,14,Trans Jatim,107,Trans Jawa,220,Trans Kaimana,1,Trans Kalbar,5,Trans Kalimantan,6,Trans Kalteng,2,Trans Karawang,57,Trans Karo,1,Trans Kepri,4,Trans Klaten,1,Trans Lombok,1,Trans Magelang,1,Trans Magetan,1,Trans Malang,83,Trans Medan,1,Trans NTB,2,Trans NTT,2,Trans Padang Panjang,1,Trans Pagaralam,7,Trans Pangkalpinang,3,Trans Papua Barat,3,Trans Pekalongan,4,Trans Pontianak,1,Trans Prabumulih,5,Trans Purwakarta,2,Trans Raja Ampat,2,Trans Riau,1,Trans Sambas,1,Trans Sampit,1,Trans Sanggau,2,Trans Semarang,3,Trans Sidoarjo,15,Trans Sulawesi,4,Trans Sumatera,47,Trans Sumbar,8,Trans Sumsel,16,Trans Sumut,7,Trans Surabaya,1,Trans Surakarta,1,Trans Tangerang,1,Trans Tangsel,76,Trans Tapanuli Utara,2,Trans Tasikmalaya,2,Trans Tuban,1,Trans Tulung Agung,1,Trans Wonosobo,1,Trans Yogyakarta,2,Transportasi,4,Trasn Sumenep,1,
ltr
item
Koran Transaksi: Dugaan Ijazah Palsu Oknum DPRD Tangsel Bukan Wewenang KPU
Dugaan Ijazah Palsu Oknum DPRD Tangsel Bukan Wewenang KPU
Ribut-ribut dugaan penggunaan ijazah sarjana palsu oleh oknum anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang Selatan yang dilaporkan Aliansi Peduli Masyarakat Serpong (APMS) ke Badan Kehormatan Dewan (BKD) minggu lalu, ditanggapi Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangsel, Muhammad Subchan, Rabu silam.
https://3.bp.blogspot.com/-wc6GTOlJgeU/WMJA80ueljI/AAAAAAAADrQ/dx-8wykoGjMJSnjrQ8lBPu2MM7n7GQg-gCLcB/s1600/Ijazah-Palsu.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-wc6GTOlJgeU/WMJA80ueljI/AAAAAAAADrQ/dx-8wykoGjMJSnjrQ8lBPu2MM7n7GQg-gCLcB/s72-c/Ijazah-Palsu.jpg
Koran Transaksi
http://www.korantransaksi.com/2017/03/dugaan-ijazah-palsu-oknum-dprd-tangsel-bukan-wewenang-kpu.html
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/2017/03/dugaan-ijazah-palsu-oknum-dprd-tangsel-bukan-wewenang-kpu.html
true
1002478562800392392
UTF-8
Memuat Seluruh Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua DIREKOMENDASIKAN KATAGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Tidak menemukan berita yang sesuai dengan permintaan anda KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow INI KONTEN PREMIUM Silahkan bagikan untuk membuka Salin Seluruh Code Pilih Seluruh Code Semua kode telah disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode/teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin