Jangan Ada Pejabat Titipan Dalam Lelang Jabatan di Tangsel

Lelang Jabatan. (Ilustrasi)
Lelang Jabatan. (Ilustrasi)
TANGSEL, KORANTRANSAKSI.com – Pasca pelantikan pejabat eselon II, III, dan IV di Pemkot Tangsel, ada 7 SKPD yang masih kosong. Diantaranya termasuk SKPD yang bernilai strategis dan memperoleh dana anggaran cukup besar. Masing-masing Dinas Kesehatan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan KB, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pemuda dan Olahraga, dan Dinas Pariwisata.
Menurut sumber yang diperoleh media, terhadap SKPD yang masih lowong tersebut akan diisi oleh pejabat Pelaksana Tugas (Plt), mengingat terhadap SKPD terkait akan diberlakukan sistem lelang jabatan. Menurut pengamat, dengan lelang jabatan siapa saja yang merasa punya kompetensi bisa menduduki jabatan strategis tersebut. Namun bukan berarti tanpa cela. Artinya bisa saja terjadi, dibelakang muncul persekongkolan sehingga ada peluang hadirnya pejabat titipan pejabat atau tokoh tertentu.
Fenomena itu diakui pengamat kebijakan public dari UIN Syarif Hidayatullah, Zaki Mubarak. Menurut Zaki, lelang jabatan di pemerintahan merupakan hal yang bagus dan sudah sesuai dengan undang-undang. Namun bukan berarti tidak ada peluang untuk hal yang tercela. “Kembali ke SDM dan faktor manusianya,” tambah seorang tokoh yang enggan disebutkan namanya kepada awak media.
Konon dalam waktu dekat Pemkot Tangsel akan membentuk Tim Panitia Seleksi Lelang Jabatan. Akan diisi dari kalangan akademisi dan aparatur Sipil Negara. Menurut kalangan pengamat lagi, hendaknya proses lelang harus menempatkan pejabat yang professional dan proporsional pada bidangnya. Jangan ada peluang tawar-menawar atau jual-beli jabatan seperti yang terjadi pada kasus OTT Bupati Klaten belum lama ini.
Sementara itu kalangan DPRD Tangsel mendorong agar Pemkot segera membentuk Tim Pansel. SKPD yang kosong tersebut merupakan badan strategis yang harus segera diisi pejabat definitive. Bila terlalu lama akan mempengaruhi serapan anggaran lantaran pejabatnya masih berstatus Plt. Mereka juga berharap jangan ada politik birokrasi yang akan berdampak pada kualitas kerja pejabat terkait. Proses lelang harus terbuka, transparan dan professional, kata anggota Komisi I DPRD Tangsel, Syafrudin kepada awak media.
Sementara itu, proses mutasi jabatan yang sudah dilakukan Pemkot Tangsel, masih menyisakan pertanyaan, dimana mereka menilai seperti ada sesuatu yang belum terjawab. Yaitu payahnya Pemkot bersikap tegas untuk mengangkat Sekda definitive sebelum terjadinya proses mutasi dan pelantikan pejabat baru. Sehingga sampai saat ini, jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) belum definitive dan tetap dengan status Plt. (Odjie)

KOMENTAR

Nama

Advertorial,5,Bea Cukai,6,BPN,2,Ekonomi,97,Film,23,Headline,85,Hibura,1,Hiburan,55,Hukum,77,Imigrasi,1,Internasional,1,Karimun,1,Lingkungan Hidup,1,Megapolitan,150,Musik,15,Nasional,265,NCW,1,Nusantara,19,Opini,10,Padang Pariaman,6,Pangkalpinang,1,Pariwisata,2,Pendidikan,43,Pidie,1,Politik,10,Polkam,1,Sepak Bola,11,Sinetron,1,Sport,20,Tasikmalaya,3,Tekno,5,Televisi,13,Trans Aceh,2,Trans Alor,1,Trans Asahan,1,Trans Babel,15,Trans Bali,2,Trans Bandung,5,Trans Banten,96,Trans Batam,3,Trans Batang,1,Trans Bekasi,53,Trans Belitung,5,Trans Beltim,1,Trans Belu,1,Trans Bengkulu,1,Trans Blitar,1,Trans Bogor,5,Trans Cimahi,6,Trans Demak,1,Trans Depok,16,Trans Gorontalo,4,Trans Humbahas,2,Trans Indragiri Hilir,1,Trans Indramayu,1,Trans Jabar,77,Trans Jakarta,67,Trans Jambi,1,Trans Jateng,14,Trans Jatim,107,Trans Jawa,220,Trans Kaimana,1,Trans Kalbar,5,Trans Kalimantan,6,Trans Kalteng,2,Trans Karawang,57,Trans Karo,1,Trans Kepri,4,Trans Klaten,1,Trans Lombok,1,Trans Magelang,1,Trans Magetan,1,Trans Malang,83,Trans Medan,1,Trans NTB,2,Trans NTT,2,Trans Padang Panjang,1,Trans Pagaralam,7,Trans Pangkalpinang,3,Trans Papua Barat,3,Trans Pekalongan,4,Trans Pontianak,1,Trans Prabumulih,5,Trans Purwakarta,2,Trans Raja Ampat,2,Trans Riau,1,Trans Sambas,1,Trans Sampit,1,Trans Sanggau,2,Trans Semarang,3,Trans Sidoarjo,15,Trans Sulawesi,4,Trans Sumatera,47,Trans Sumbar,8,Trans Sumsel,16,Trans Sumut,7,Trans Surabaya,1,Trans Surakarta,1,Trans Tangerang,1,Trans Tangsel,76,Trans Tapanuli Utara,2,Trans Tasikmalaya,2,Trans Tuban,1,Trans Tulung Agung,1,Trans Wonosobo,1,Trans Yogyakarta,2,Transportasi,4,Trasn Sumenep,1,
ltr
item
Koran Transaksi: Jangan Ada Pejabat Titipan Dalam Lelang Jabatan di Tangsel
Jangan Ada Pejabat Titipan Dalam Lelang Jabatan di Tangsel
Pasca pelantikan pejabat eselon II, III, dan IV di Pemkot Tangsel, ada 7 SKPD yang masih kosong. Diantaranya termasuk SKPD yang bernilai strategis dan memperoleh dana anggaran cukup besar.
https://3.bp.blogspot.com/-LXinR1pjHk0/WIGw4YhQhhI/AAAAAAAADPQ/HxfqocUInwkMDLyfgvNi-3l9E_J0wGn7ACLcB/s1600/Lelang-Jabatan.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-LXinR1pjHk0/WIGw4YhQhhI/AAAAAAAADPQ/HxfqocUInwkMDLyfgvNi-3l9E_J0wGn7ACLcB/s72-c/Lelang-Jabatan.jpg
Koran Transaksi
http://www.korantransaksi.com/2017/01/jangan-ada-pejabat-titipan-dalam-lelang-jabatan-di-tangsel.html
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/2017/01/jangan-ada-pejabat-titipan-dalam-lelang-jabatan-di-tangsel.html
true
1002478562800392392
UTF-8
Memuat Seluruh Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua DIREKOMENDASIKAN KATAGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Tidak menemukan berita yang sesuai dengan permintaan anda KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow INI KONTEN PREMIUM Silahkan bagikan untuk membuka Salin Seluruh Code Pilih Seluruh Code Semua kode telah disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode/teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin