Sri Mulyani Berharap Pencairan Anggaran Lebih Efisien, Cepat dan Akurat

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati didampingi oleh Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo dan Direktur Jenderal Perbendaharaan Marwanto Harjowiryono melakukan peninjauan langsung ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Jakarta I, IV dan VI di Jalan Juanda, Jakarta Pusat (23/12/2016).
JAKARTA, KORANTRANSAKSI.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati didampingi oleh Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo dan Direktur Jenderal (Dirjen) Perbendaharaan Marwanto Harjowiryono melakukan peninjauan langsung ke lapangan dalam rangka memastikan penyelenggaraan tutup tahun anggaran 2016 berjalan optimal. Peninjauan tersebut dilakukan dengan mengunjungi Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Jakarta I, IV dan VI di Jalan Juanda, Jakarta Pusat (23/12/2016).
Dalam pengelolaan keuangan negara, Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPB) mempunyai tugas menyelenggarakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan di bidang pelaksanaan anggaran, pengelolaan kas negara dan investasi pemerintah. Khusus dalam konteks penutupan tahun anggaran, DJPB melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) berperan memastikan bahwa setiap tagihan pengeluaran negara pada tahun anggaran berjalan dapat terselesaikan, terbayarkan tepat waktu dan tersedia dananya.
KPPN juga memegang peranan penting dalam hal memastikan bahwa setiap rupiah penerimaan negara, baik yang berasal dari perpajakan maupun non-perpajakan, telah masuk dan tercatat dalam rekening kas negara. Untuk mendukung hal tersebut, Menkeu berharap agar Dirjen Perbendaharaan dapat melakukan perbaikan dalam dua bidang ke depannya.
“Yang pertama dari sisi formulirnya, nanti dilakukan computerize atau online, sehingga dapat mengurangi kertas”, ujar Menkeu.
Hal yang kedua adalah upaya untuk mempercepat proses pembayaran. Menkeu berharap agar pencairan anggaran kedepannya bisa menjadi jauh lebih efisien, cepat, akurat, serta bisa memberikan kepercayaan dan kepastian.
Menkeu juga mengatakan bahwa untuk tahun 2016 ini, persiapan pentahapan anggaran telah dilakukan sejak dini. Di samping itu, Menkeu juga mengharapkan agar Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) dan DJPB dapat mencermati secara bersama terkait permasalahan over-budgeting, yaitu pengalokasian anggaran yang nilainya terlalu besar.
“Kalau kita memperbaiki dari sisi perencanaan, akurasi dari anggaran dan proses persiapan pelaksanaan anggaran, termasuk inisiatif untuk melakukan pentahapan dalam pencairan, maka dampak dari APBN itu akan lebih merata sepanjang tahun dan kualitasnya akan semakin baik”, jelas Menkeu.
Selanjutnya, Menkeu Sri Mulyani Indrawati menyampaikan bahwa terdapat tantangan yang cukup berat pada akhir tahun ini. Kementerian Keuangan harus mampu memastikan ketersediaan kas negara untuk melakukan pembayaran tagihan negara. Selain itu, terdapat risiko penumpukan tagihan dari satuan kerja (Kementerian/Lembaga) melalui pengajuan Surat Perintah Membayar (SPM) ke KPPN, yang berimbas pada meningkatnya jumlah pengajuan SPM pada akhir tahun.
Untuk mengatasi hal tersebut, Kementerian Keuangan melalui DJPB telah menggunakan Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara (SPAN) dan Modul Penerimaan Negara Generasi ke-II (MPN-G2) yang memungkinkan administrasi belanja dan penerimaan negara berjalan secara terintegrasi dan online. Hal ini akan membuat kondisi seperti antrian panjang dari satuan kerja yang mengajukan tagihan pembayaran melalui front office KPPN relatif dapat dikurangi dan terkelola dengan baik. (SN)

KOMENTAR

Nama

Advertorial,5,Bea Cukai,6,BPN,2,Ekonomi,97,Film,25,Headline,96,Hibura,1,Hiburan,63,Hukum,79,Imigrasi,1,Internasional,3,Karimun,1,Lingkungan Hidup,1,Megapolitan,151,Musik,16,Nasional,284,NCW,1,Nusantara,19,Opini,14,Padang Pariaman,6,Pangkalpinang,1,Pariwisata,4,Pendidikan,43,Pidie,1,Politik,10,Polkam,1,Sepak Bola,11,Sinetron,1,Sport,22,Tasikmalaya,3,Tekno,7,Televisi,15,Trans Aceh,2,Trans Alor,1,Trans Asahan,1,Trans Babel,15,Trans Bali,2,Trans Bandung,5,Trans Banten,107,Trans Batam,3,Trans Batang,1,Trans Bekasi,69,Trans Belitung,5,Trans Beltim,1,Trans Belu,1,Trans Bengkulu,1,Trans Blitar,1,Trans Bogor,5,Trans Cimahi,6,Trans Demak,1,Trans Depok,16,Trans Gorontalo,4,Trans Humbahas,2,Trans Indragiri Hilir,1,Trans Indramayu,1,Trans Jabar,78,Trans Jakarta,68,Trans Jambi,1,Trans Jateng,14,Trans Jatim,107,Trans Jawa,220,Trans Kaimana,1,Trans Kalbar,5,Trans Kalimantan,6,Trans Kalteng,2,Trans Karawang,59,Trans Karo,1,Trans Kepri,4,Trans Klaten,1,Trans Lombok,1,Trans Magelang,1,Trans Magetan,1,Trans Malang,83,Trans Medan,1,Trans NTB,2,Trans NTT,2,Trans Padang Panjang,1,Trans Pagaralam,7,Trans Pangkalpinang,3,Trans Papua Barat,3,Trans Pekalongan,4,Trans Pontianak,1,Trans Prabumulih,5,Trans Purwakarta,2,Trans Raja Ampat,2,Trans Riau,1,Trans Sambas,1,Trans Sampit,1,Trans Sanggau,2,Trans Semarang,3,Trans Sidoarjo,15,Trans Sulawesi,4,Trans Sumatera,47,Trans Sumbar,12,Trans Sumsel,19,Trans Sumut,9,Trans Surabaya,1,Trans Surakarta,1,Trans Tangerang,1,Trans Tangsel,82,Trans Tapanuli Utara,2,Trans Tasikmalaya,2,Trans Tuban,1,Trans Tulung Agung,1,Trans Wonosobo,1,Trans Yogyakarta,2,Transportasi,4,Trasn Sumenep,1,
ltr
item
Koran Transaksi: Sri Mulyani Berharap Pencairan Anggaran Lebih Efisien, Cepat dan Akurat
Sri Mulyani Berharap Pencairan Anggaran Lebih Efisien, Cepat dan Akurat
https://2.bp.blogspot.com/-iTMgAlwLvUQ/WGDDm5Iz-4I/AAAAAAAACuw/v11SQt_X8JMudqRL9v-QLfpkfTRCvTI5QCLcB/s1600/Menteri-Keuangan-Sri-Mulyani-Indrawati.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-iTMgAlwLvUQ/WGDDm5Iz-4I/AAAAAAAACuw/v11SQt_X8JMudqRL9v-QLfpkfTRCvTI5QCLcB/s72-c/Menteri-Keuangan-Sri-Mulyani-Indrawati.jpg
Koran Transaksi
http://www.korantransaksi.com/2016/12/sri-mulyani-berharap-pencairan-anggaran.html
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/2016/12/sri-mulyani-berharap-pencairan-anggaran.html
true
1002478562800392392
UTF-8
Memuat Seluruh Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua DIREKOMENDASIKAN KATAGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Tidak menemukan berita yang sesuai dengan permintaan anda KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow INI KONTEN PREMIUM Silahkan bagikan untuk membuka Salin Seluruh Code Pilih Seluruh Code Semua kode telah disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode/teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin