Tahun Depan Rp 60 Triliun, Presiden Jokowi Ingin Dana Desa Naik Dua Kali Lipat

Presiden Jokowi menjawab wartawan usai meninjau proyek Dana Desa.
TUBAN, KORANTRANSAKSI.com - Pemerintah akan terus konsisten menaikkan anggaran untuk Dana Desa. Jika pada tahun 2016 ini, Dana Desa dianggarkan Rp 47 triliun, pada tahun anggaran 2017 mendatang, dana tersebut akan dinaikkan menjadi Rp 60 triliun, dan setelah itu akan terus dinaikkan lagi.

“Tahun depan sudah Rp 60-an triliun, sudah dari Rp 47 triliun jadi Rp 60 triliun. Tahun depannya, kemarin sudah kita hitung-hitung, saya mau naikkan dua kali lipat. Pada 2018 dua kali lipat, tapi masih dihitung,” kata Presiden Jokowi usai meninjau pemanfaatan Dana Desa, di Desa Sumurgeneng, Kecamatan Tasikharjo, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Senin (28/11) siang.

Menurut Presiden Jokowi, besaran pasti dari Dana Desa pada 2018 mendatang saat ini masih dihitung pemerintah. “Kita sudah mulai hitung, seperti itu karena efek berantainya kemana-mana,” ujarnya.

Sebelumnya saat meninjau pemanfaatan Dana Desa di Desa Sumurgeneng itu, Presiden Jokowi menyampaikan harapannya agar penyaluran Dana Desa bisa memberikan efek perputaran uang di bawah, di desa, di daerah, sehingga masyarakat mendapatkan manfaat dari dana tersebut.

“Ini tadi saya cek besar anggaran Dana Desanya Rp 600 juta, terus dari Bupati dan Gubernur di angka Rp 400 juta. Yang Rp 400 juta untuk operasional pemerintahan desa, kemudian yang Rp 600 juta full untuk infrastruktur. Ini saya kira akan sangat bagus sekali,” tutur Presiden.

Meskipun yang dikerjakan hanya kecil-kecil, untuk pengerasan jalan, kemudian untuk membuat saluran air, namun Presiden mengingatkan bahwa perputaran uang yang ada di desa itu Rp 1 miliar lebih. “Rp 1 miliar 80 juta tadi saya cek angka-angkanya. Inikan bagus,” tuturnya.

Jika ada proyek yang dibiayai dari Dana Desa, Presiden Jokowi berjanji akan berusaha melihat proyek tersebut jika dalam kunjungan kerjanya memungkinkan. Hal ini dimaksudkan untuk melihat hasil dari penyaluran Dana Desa tersebut. Ia juga menyampaikan, bahwa berdasarkan laporan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), 80 persen penyaluran Dana Desa sudah kena sasaran, “ini penting sekali,” tegasnya.

Mendampingi Presiden Jokowi dalam peninjauan ke proyek Dana Desa itu adalah Ibu Negara Iriana Joko Widodo; Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Sanjoyo; Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya; Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono; dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo. (RZ/Rel)

Posting Komentar

0 Komentar