Kasus Penistaan Agama, Muhammadiyah Apresiasi Komitmen Presiden Jokowi

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir kepada wartawan usai menerima kunjungan Presiden Jokowi di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Selasa (8/11) pagi.
JAKARTA, KORANTRANSAKSI.com - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menyampaikan penghargaan yang tinggi atas komitmen Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kasus penistaan agama yang diduga dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Apresiasi diberikan atas sikap Presiden Jokowi yang memerintahkan kepolisian untuk mengusut dan memproses hukum kasus dugaan penistaan agama secara tegas, cepat, dan transparan sebagaimana janji pemerintah.

“Kita berharap bahwa itu dilaksanakan secara konsisten,” kata Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir kepada wartawan usai menerima kunjungan Presiden Jokowi di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Selasa (8/11) pagi.

Sebelumnya, saat berkunjung ke PP Muhammadiyah itu, Presiden Jokowi telah menyampaikan sikap tegasnya, agar proses hukum kasus penistaan agama yang diduga dilakukan oleh Ahok akan dilakukan dengan tegas dan transparan.

“Saya tidak akan melindungi saudara Basuki Tjahaja Purnama. Karena sudah masuk pada proses hukum,” tegas Presiden kepada wartawan di Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah, Selasa (8/11) pagi.

Ketua Umum PP Muhammadiyah berharap bahwa seluruh rakyat dan komponen bangsa, pasca aksi demonstrasi di depan Istana Merdeka, Jakarta, 4 November lalu, menciptakan suasana yang lebih kondusif untuk mengawal kasus ini, agar betul-betul sesuai dengan rasa keadilan dan aspirasi umat Islam yang merasa rasa dan jiwa keagamaannya terganggu.

Bermartabat
Dalam pernyataannya yang disampaikan setelah Presiden Jokowi meninggalkan Gedung PP Muhammadiyah itu, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir mengatakan, ada tiga agenda penting yang strategis yang bisa dilakukan agar bangsa Indonesia tetap menatap ke depan dan tidak tersandera oleh satu – dua orang yang bertindak gegabah di dalam kehidupan kebangsaan.

Pertama, memberdayakan ekonomi kerakyatan, ekonomi umat, ekonomi bangsa yang menyangkut hajat hidup rakyat terbesar. “Agar problem kesenjangan sosial tidak menjadi akar dari gunung es masalah yang sekali-kali bisa meletup menjadi masalah besar dalam kehidupan kebangsaan kita,” jelas Haedar.

Kedua, lanjut Ketua Umum PP Muhammadiyah itu, konfigurasi politik Indonesia ke depan yang sudah terlanjut sangat liberal, harus ditata ulang dalam konstruksi persenyawaan keislaman dan ke-Indonesiaan.

Ketiga, membangun keadaban bangsa baik di tingkat elit maupun di tingkat rakyat. Karena Indonesia mempunyai filosofi dasar Pancasila, religius, dan mempunyai sejarah keagamaan yang baik.


“Ke depan, kehidupan sosial, politik, dan kebangsaan kita, itu harus berlandaskan pada etika yang bermartabat. Sehingga tidak ada satu orang warga apalagi elit yang boleh bertindak, berkata, dan berbuat semaunya tanda koridor etik dan keadaban kolektif bangsa,” pungkas Haedar. (SN)

KOMENTAR

Nama

Advertorial,5,Bea Cukai,6,BPN,2,Ekonomi,97,Film,25,Headline,96,Hibura,1,Hiburan,63,Hukum,79,Imigrasi,1,Internasional,3,Karimun,1,Lingkungan Hidup,1,Megapolitan,151,Musik,16,Nasional,284,NCW,1,Nusantara,19,Opini,14,Padang Pariaman,6,Pangkalpinang,1,Pariwisata,4,Pendidikan,43,Pidie,1,Politik,10,Polkam,1,Sepak Bola,11,Sinetron,1,Sport,22,Tasikmalaya,3,Tekno,7,Televisi,15,Trans Aceh,2,Trans Alor,1,Trans Asahan,1,Trans Babel,15,Trans Bali,2,Trans Bandung,5,Trans Banten,107,Trans Batam,3,Trans Batang,1,Trans Bekasi,69,Trans Belitung,5,Trans Beltim,1,Trans Belu,1,Trans Bengkulu,1,Trans Blitar,1,Trans Bogor,5,Trans Cimahi,6,Trans Demak,1,Trans Depok,16,Trans Gorontalo,4,Trans Humbahas,2,Trans Indragiri Hilir,1,Trans Indramayu,1,Trans Jabar,78,Trans Jakarta,68,Trans Jambi,1,Trans Jateng,14,Trans Jatim,107,Trans Jawa,220,Trans Kaimana,1,Trans Kalbar,5,Trans Kalimantan,6,Trans Kalteng,2,Trans Karawang,59,Trans Karo,1,Trans Kepri,4,Trans Klaten,1,Trans Lombok,1,Trans Magelang,1,Trans Magetan,1,Trans Malang,83,Trans Medan,1,Trans NTB,2,Trans NTT,2,Trans Padang Panjang,1,Trans Pagaralam,7,Trans Pangkalpinang,3,Trans Papua Barat,3,Trans Pekalongan,4,Trans Pontianak,1,Trans Prabumulih,5,Trans Purwakarta,2,Trans Raja Ampat,2,Trans Riau,1,Trans Sambas,1,Trans Sampit,1,Trans Sanggau,2,Trans Semarang,3,Trans Sidoarjo,15,Trans Sulawesi,4,Trans Sumatera,47,Trans Sumbar,12,Trans Sumsel,19,Trans Sumut,9,Trans Surabaya,1,Trans Surakarta,1,Trans Tangerang,1,Trans Tangsel,82,Trans Tapanuli Utara,2,Trans Tasikmalaya,2,Trans Tuban,1,Trans Tulung Agung,1,Trans Wonosobo,1,Trans Yogyakarta,2,Transportasi,4,Trasn Sumenep,1,
ltr
item
Koran Transaksi: Kasus Penistaan Agama, Muhammadiyah Apresiasi Komitmen Presiden Jokowi
Kasus Penistaan Agama, Muhammadiyah Apresiasi Komitmen Presiden Jokowi
https://3.bp.blogspot.com/-Gl5XfruPTMA/WCKSeaxidAI/AAAAAAAACDg/wdO_CwEmRCQ25l1sb5GqsgF96Fg6RYvLACLcB/s640/Ketua-Umum-PP-Muhammadiyah-Haedar-Nashir-memberikan-keterangan-pada-wartawan-usai-menerima-kunjungan-Presiden-Jokowi-di-Gedung-Pusat-Dakwah-Muhammadiyah.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-Gl5XfruPTMA/WCKSeaxidAI/AAAAAAAACDg/wdO_CwEmRCQ25l1sb5GqsgF96Fg6RYvLACLcB/s72-c/Ketua-Umum-PP-Muhammadiyah-Haedar-Nashir-memberikan-keterangan-pada-wartawan-usai-menerima-kunjungan-Presiden-Jokowi-di-Gedung-Pusat-Dakwah-Muhammadiyah.jpg
Koran Transaksi
http://www.korantransaksi.com/2016/11/kasus-penistaan-agama-muhammadiyah.html
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/2016/11/kasus-penistaan-agama-muhammadiyah.html
true
1002478562800392392
UTF-8
Memuat Seluruh Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua DIREKOMENDASIKAN KATAGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Tidak menemukan berita yang sesuai dengan permintaan anda KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow INI KONTEN PREMIUM Silahkan bagikan untuk membuka Salin Seluruh Code Pilih Seluruh Code Semua kode telah disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode/teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin