Akibat Kurang Pengawasan, Proyek Dinas Pengairan Ambrol

Plengsengan saluran irigasi ambrol.

Proyek plengsengan yang baru seumuran jagung ini sudah ambrol, kondisi fisik banyak yang hancur dan beberapa bagian sudah bolong tidak kuat menahan air.

Malang, Trans - Program pembangunan infrastruktur yang dicanangkan pemerintah pusat direspon positif oleh pemerintah daerah. Namun banyak sekali proyek yang digarap oleh instansi di pemerintah daerah, percepatan infrastrukturnya tidak diimbangi oleh pengawasan dari dinas maupun konsultan pengawas yang ada di lapangan.
Seperti yang terjadi di dinas Pengairan Kabupaten Malang, yakni proyek yang berlokasi di Desa Curungrejo, Kecamatan Kepanjen, berupa proyek saluran sekunder dengan nilai pagu Rp 180-an juta dari dana DAU dan DAK tahun 2015 sudah rusak dan ambrol. Penyebab yang pasti apa karena kualitas garapan yang jelek atau kondisi di lapangan atau unsur yang lain. Namun yang pasti proyek yang seharusnya bertahan selama 3 sampai 4 tahun ini baru seumuran jagung sudah ambrol. Proyek tersebut dilaksanakan oleh CV Indah Jaya Makmur dengan mekanisme penunjukan langsung.
Dari hasil investigasi di lapangan, memang kondisi fisik banyak yang hancur dan beberapa bagian sudah bolong tidak kuat menahan air. Salah seorang petani yang biasa bekerja di persawahan di lokasi proyek tersebut mengatakan, pihak petani merasa dirugikan dengan adanya proyek ini karena ambrolnya plengsengan saluran irigasi. Akibatnya air akan mengalir terus kepersawahan tanpa kontrol dapat menggenangi sawah. “Selain itu, plengsengan yang ambrol juga menimpa tanaman padi kami,” keluhnya.
Kalau begini terus, para petani yang memanfaatkan air di sekitar sini susah mas, kami juga akan segera melaporkan permasalahan ini ke kepala desa untuk diteruskan ke dinas Pengairan agar cepat mendapatkan penanganan lebih lanjut. Sayangnya kepala desa Curungrejo belum bisa ditemui karena ada acara di luar kantor, terangnya.
Dinas Pengairan Kabupaten Malang saat dimintai keterangan terkait permasalahan ini belum memberikan jawaban. Saat dihubungi melalui staffnya mengatakan, “bapak lagi sibuk di lapangan mas, mungkin bisa lain kali hubungi lagi ya mas.” (Sen)

KOMENTAR

Nama

Advertorial,5,Bea Cukai,6,BPN,2,Ekonomi,97,Film,23,Headline,85,Hibura,1,Hiburan,55,Hukum,77,Imigrasi,1,Internasional,1,Karimun,1,Lingkungan Hidup,1,Megapolitan,150,Musik,15,Nasional,265,NCW,1,Nusantara,19,Opini,10,Padang Pariaman,6,Pangkalpinang,1,Pariwisata,2,Pendidikan,43,Pidie,1,Politik,10,Polkam,1,Sepak Bola,11,Sinetron,1,Sport,20,Tasikmalaya,3,Tekno,5,Televisi,13,Trans Aceh,2,Trans Alor,1,Trans Asahan,1,Trans Babel,15,Trans Bali,2,Trans Bandung,5,Trans Banten,96,Trans Batam,3,Trans Batang,1,Trans Bekasi,53,Trans Belitung,5,Trans Beltim,1,Trans Belu,1,Trans Bengkulu,1,Trans Blitar,1,Trans Bogor,5,Trans Cimahi,6,Trans Demak,1,Trans Depok,16,Trans Gorontalo,4,Trans Humbahas,2,Trans Indragiri Hilir,1,Trans Indramayu,1,Trans Jabar,77,Trans Jakarta,67,Trans Jambi,1,Trans Jateng,14,Trans Jatim,107,Trans Jawa,220,Trans Kaimana,1,Trans Kalbar,5,Trans Kalimantan,6,Trans Kalteng,2,Trans Karawang,57,Trans Karo,1,Trans Kepri,4,Trans Klaten,1,Trans Lombok,1,Trans Magelang,1,Trans Magetan,1,Trans Malang,83,Trans Medan,1,Trans NTB,2,Trans NTT,2,Trans Padang Panjang,1,Trans Pagaralam,7,Trans Pangkalpinang,3,Trans Papua Barat,3,Trans Pekalongan,4,Trans Pontianak,1,Trans Prabumulih,5,Trans Purwakarta,2,Trans Raja Ampat,2,Trans Riau,1,Trans Sambas,1,Trans Sampit,1,Trans Sanggau,2,Trans Semarang,3,Trans Sidoarjo,15,Trans Sulawesi,4,Trans Sumatera,47,Trans Sumbar,8,Trans Sumsel,16,Trans Sumut,7,Trans Surabaya,1,Trans Surakarta,1,Trans Tangerang,1,Trans Tangsel,76,Trans Tapanuli Utara,2,Trans Tasikmalaya,2,Trans Tuban,1,Trans Tulung Agung,1,Trans Wonosobo,1,Trans Yogyakarta,2,Transportasi,4,Trasn Sumenep,1,
ltr
item
Koran Transaksi: Akibat Kurang Pengawasan, Proyek Dinas Pengairan Ambrol
Akibat Kurang Pengawasan, Proyek Dinas Pengairan Ambrol
https://3.bp.blogspot.com/-_laL6Gg7JAg/WBmta4FNQhI/AAAAAAAABsY/XjkQLQZmHXALQIIvn8XqVkj5l4ciK8a8gCLcB/s640/Plengsengan-saluran-irigasi-ambrol.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-_laL6Gg7JAg/WBmta4FNQhI/AAAAAAAABsY/XjkQLQZmHXALQIIvn8XqVkj5l4ciK8a8gCLcB/s72-c/Plengsengan-saluran-irigasi-ambrol.jpg
Koran Transaksi
http://www.korantransaksi.com/2016/10/akibat-kurang-pengawasan-proyek-dinas.html
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/2016/10/akibat-kurang-pengawasan-proyek-dinas.html
true
1002478562800392392
UTF-8
Memuat Seluruh Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua DIREKOMENDASIKAN KATAGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Tidak menemukan berita yang sesuai dengan permintaan anda KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow INI KONTEN PREMIUM Silahkan bagikan untuk membuka Salin Seluruh Code Pilih Seluruh Code Semua kode telah disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode/teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin