Pemkab Padang Pariaman Gelar Kegiatan Sosialisasi Pengembangan dan Pemeliharaan Layanan Perpustakaan Elektronik dengan Aplikasi Integrated Library Sistem (Inlislite)

(Foto:Humas Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman)
Padang Pariaman, KORANTRANSAKSI.com -  Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Padang Pariaman menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pengembangan dan Pemeliharaan Layanan Perpustakaan Elektronik dengan Aplikasi Integrated Library Sistem (Inlislite). Kegiatan sosialisasi yang diperuntukkan bagi Kepala Sekolah SMP dan SD se-Kabupaten Padang Pariaman ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Padang Pariaman Rahmang bertempat di Aula Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Padang Pariaman di Pariaman pada Kamis, (12/10).

Dalam arahannya, Wabup Rahmang mengungkapkan, saat ini, perpustakaan daerah Kabupaten Padang Pariaman di bawah naungan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Padang Pariaman telah menggunakan sistem otomasi perpustakaan Inlislite (Integrated library system). "Kita berkumpul hari ini dalam rangka mengoptimalkan pelayanan perpustakaan sekolah di wilayah Kabupaten Padang Pariaman. Untuk itu, diperlukan sinergitas dan sinkronisasi stakeholder terkait terutama Kepala Sekolah di semua tingkat pendidikan dalam pengembangan perpustakaan berbasis inlislite," ungkapnya.

Diketahui, Inlislite merupakan perangkat lunak (software) aplikasi otomasi perpustakaan yang dibangun dan dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) sejak tahun 2011 dan terus dikembangkan sampai saat ini. "Di Kabupaten Padang Pariaman sudah ada beberapa sekolah SD dan SMP serta perpustakaan nagari yang telah menerapkan sistem otomasi perpustakaan inlislite," paparnya.

Teknologi informasi di perpustakaan diaplikasikan dalam pengkatalogan, keanggotaan, dan sirkulasi. Perpustakaan digital memiliki berbagai layanan yang dapat mempermudah dalam mencari informasi, seperti dokumen, gambar, dan database dalam format digital dengan cepat, tepat dan akurat.

Sementara itu, Kepala Dinas Arsipus Erman dalam laporannya mengungkapkan, kegiatan yang berlangsung selama 1 (satu) hari ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para pengelola perpustakaan baik di nagari maupun di sekolah.

Adapun pemateri melalui kegiatan sosialisasi ini adalah Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Padang Pariaman Zahirman, dan Ketua Forum Inlislite Syah Rahmat. Sebelumnya, Wakil Bupati Padang Pariaman Rahmang juga berkesempatan menjadi keynote speaker dengan materi Sosialisasi Pengembangan dan Pemeliharaan Layanan Perpustakaan Elektronik. (VER/RED)

 

Posting Komentar

0 Komentar