Batik Bekasi Khas Cibarusah Mendapat Pujian Dari Menparekraf

 

(Foto:dok)
Kab Bekasi, KORANTRANSAKSI.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memberikan pujian terhadap batik Bekasi hasil produksi warga desa Sindangmulya, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi. Sandiaga mengatakan bahwa, saat ini pihaknya sedang gencar untuk mengembangkan potensi-potensi lokal.

“Ikonnya masjid dan pesantren ini dan saya diberi kesempatan salat di sini. Melalui batik ini bisa juga Desa Sindangmulya dinobatkan sebagai desa kreatif, karena bisa menciptakan ikon batik sendiri,” ucap Sandi, saat berkunjung ke Pondok Pesantren Al-Baqiyatussholihat, Desa Sindangmulya, Kecamatan Cibarusah, Minggu (14/5).

Sementara itu, Kepala Desa Sindangmulya, Selpia Indriyani mengakui, bahwa batik tersebut dicanangkan sebagai batik bernuansa ikon-ikon lokal yang ada di Kecamatan Cibarusah, dan diharapkan menjadi identitas tersendiri bagi wilayahnya.

“Sebelumnya sudah kami berikan kepada Ibu Menteri Dalam Negeri, Tri Tito Karnavian, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dan Ibu Atalia Praratya, kemudian Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan dan Ibu Ria Sabaria. Memang batik ini kami khususkan pertama-tama untuk mengenalkan kepada para pejabat publik dengan harapan dapat ikut mengenalkan secara luas,” beber Selvia.

Selvia juga menyambut baik respon yang ditunjukkan oleh Menparekraf terkait desa kreatif. Pihaknya akan terus mensupport UMKM lokal di wilayahnya, agar terus lebih produktif dan terus menggali potensi-potensi dengan mengangkat nilai-nilai budaya dan sejarah, baik dari desa maupun kecamatan.

“Kami harapkan para pelaku UMKM desa lebih semangat lagi, sebab hasil dari produk ini selain diapresiasi juga mendapatkan angin segar bahwa Desa Sindangmulya bisa saja menjadi desa kreatif kedepannya,” terang Selvia. (ZIK)


Post a Comment

0 Comments