Waspada, Hujan Lebat Mengguyur Sebagian Wilayah Indonesia dan Jabodetabek Hingga 1 Januari 2023

 

Sejumlah Wilayah di Indonesia, termasuk di JABODETABEK diprediksi akan dilanda  cuaca ekstrem, pihak BMKG menghimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu waspada (Foto:dok)
Jakarta, KORANTRANSAKSI.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa, beberapa wilayah di Indonesia termasuk di Jabodetabek berpotensi dilanda cuaca ekstrem hingga awal tahun 2023. Cuaca esktrem itu berupa hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat yang terjadi dari tanggal 25 Desember 2022 sampai 1 Januari 2023.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengungkapkan bahwa, peningkatan curah hujan selama periode Natal dan Tahun Baru 2023 diakibatkan dengan sejumlah dinamika atmosfer, sehingga peningkatan aktifitas Monsun Asia yang dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan secara signifikan di wilayah Indonesia Bagian barat, tengah, maupun selatan.

“Meningkatnya intensitas seruakan dingin Asia yang dapat meningkatkan kecepatan angin permukaan di wilayah Indonesia bagian barat dan selatan, serta meningkatkan potensi awan hujan di sekitar Kalimantan, Sumatera, Jawa, Bali hingga Nusa Tenggara”, ujar Dwi.

Selain itu Dwi juga menjelaskan bahwa, adanya indikasi pembentukan pusat tekanan rendah di sekitar wilayah perairan selatan Indonesia yang dapat memicu peningkatan pertumbuhan awan konvektif yang cukup masif dan berpotensi menyebabkan hujan dengan intensitas tinggi, peningkatan kecepatan angin permukaan, serta peningkatan tinggi gelombang di sekitarnya.

"Beberapa aktivitas gelombang atmosfer, yaitu fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) yang terbentuk bersamaan dengan gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial, kondisi tersebut berkontribusi signifikan terhadap peningkatan curah hujan di beberapa wilayah Indonesia terutama di bagian tengah dan timur”, ucap Dwikorita. (TIM/RED)


Posting Komentar

0 Komentar