4 WNI Terdampar di Pulau Malaysia, Selama Empat Hari Tanpa Makanan

 

(Foto:Ilustrasi Setidaknya Empat Warga Negara Indonesia (WNI) Terdampar di Pulau Che Mat Zin, Malaysia, dan selama empat hari tanpa makanan)
Jakarta, KORANTRANSAKSI.com – Sebanyak empat Warga Negara Indonesia (WNI) terdampar di Pulau Che Mat Zhin, Malaysia. Selama empat hari tanpa makanan usai ditipu oleh agen sindikat penyelundupan manusia. Direktur Badan Penegakan Maritim, Selangor, Malaysia (MMEA), Kapten Maritim Siva Kumar Vengadasalam menuturkan bahwa, ia menerima laporan terkait dengan WNI ini dari tim penyelamat maritim Johor baru (MRSC).

Berdasarkan hasil pemeriksaan, keempat laki-laki tersebut merupakan warga negara Indonesia yang berusia 26 tahun hingga 43 tahun. "Mereka buruh migran gelap yang berusaha meninggalkan negara itu, tapi dibiarkan terdampar di Pulau Che Mat Zin usai ditipu agen sindikat penyelundupan migran”, ujar Kuma.

Ia kemudian berkata, "Mereka mencoba berenang ke Pulau Indah setelah terdampar empat hari tanpa makanan." Jarak dari Pulau Che ke Pulau Indah yakni sekitar 30 kilometer. Mereka kemudian diselamatkan seorang awak kapal Port Klang saat berada di dekat Pulau Pintu Gentong. Mereka kemudian diserahkan ke Dermaga Polisi Laut Pulau Indah untuk tindakan lebih lanjut.

“Kasus ini telah diselidiki berdasarkan Pasal 6 Undang-Undang Imigrasi karena [mereka] gagal menunjukkan paspor atau dokumen perjalanan kepada petugas penegak hukum”, tuturnya.

Tim KORANTRANSAKSI.com mencoba untuk meminta konfirmasi kepada Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri RI, Judha Nugraha, dan Koordinator Penerangan Sosial dan Budaya KBRI Malaysia, Yoshi Iskandar, namun Judha dan Yoshi belum memberikan tanggapannya terkait dengan peristiwa itu. (ZIK/TIM)


Posting Komentar

0 Komentar