Untuk Mengoptimalkan Peran Masjid Dukung Sektor Parekraf, Kemenparekraf Gandeng Dewan Masjid Se Indonesia

 

(Foto:dok)
Jakarta, KORANTRANSAKSI.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menjalin kerjasama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) untuk mengoptimalkan peran dan fungsi Masjid sebagai pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Melalui sinergi ini diharapkan agar kepulihan dan kebangkitan sektor parekraf bisa bangkit kembali.

Kerja sama Kemenparekraf dengan DMI ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang dilakukan oleh Sekretaris Kemenparekraf/Sekretaris Utama Baparekraf, Ni Wayan Giri Adnyani dengan Sekjen PP DMI, Imam Addaruqutni, dan disaksikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, yang berlangsung di Gedung Pengurus Pusat DMI, Jakarta Timur, Senin (21/3/2022).

Adapun ruang lingkup yang meliputi, pertukaran data dan informasi serta pengembangan pariwisata religi dan penyelenggaraan kegiatan yang lainnya. Seperti yang diketahui, keberadaan Masjid di Indonesia memiliki peran yang sangat sentral dan strategis.

(Foto:dok)

Tidak hanya itu, sebagai tempat ibadah untuk Umat Islam masjid juga berfungsi sebagai pusat pendidikan, penyebaran informasi hingga pusat perkembangan kebudayaan dan peradaban Islam, serta tujuan wisata religi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa, wisata religi ini sangat diminati oleh banyak wisatawan. Di Indonesia sendiri terdapat banyak bangunan masjid yang mengundang Wisatawan untuk berkunjung. Seperti Masjid Jogokariyan, Yogyakarta dan Masjid Menara Kudus, Jawa Tengah yang memiliki nilai historis mengenai peradaban Islam di Indonesia.

“Saya juga studi banding dengan Grand Mosque di Abu Dhabi yang mana tadi Pak Syaf (Wakil Ketua Umum PP DMI) menyatakan bahwa yang mengunjungi itu lebih banyak umat non-muslim. Jadi menurut saya ini potensi wisata yang bisa kita kelola secara betul-betul serius, sehingga ini akan memastikan kita mempercepat akselerasi proses recovery kita, proses kebangkitan kita,” ujar Sandiaga Uno.

Sebagai tindak lanjut dari kerja sama yang terjalin, Kemenparekraf dan DMI akan segera meluncurkan program “Musabaqah Adzan Pesona Wisata Nusantara Tingkat Nasional 2022”. Program ini dimaksud untuk melahirkan regenerasi muadzin terbaik disertai latar pesona nusantara melalui produksi video atau film kreatif, sekaligus menjadikan muadzin terpilih sebagai Duta Masjid Indonesia. (TIM)



Posting Komentar

0 Komentar