Bupati Padang Pariaman Resmikan Kegiatan Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma Dan BBGRM Tahun 2022

 

(Foto:Humas Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman)
Parit Malintang, KORANTRANSAKSI.com - Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, SE.MM membuka secara resmi kegiatan Pencanangan Bulan Bhakti Dasa Wisma ke 6 dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Ke 19 Tingkat Kabupaten Padang Pariaman tahun 2022 di Hall IKK Kawasan Parit Malintang, Senin, (14/03/2022). Acara yang mengusung tema “Melalui Bulan Bhakti Dasawisma dan Bulan Bhakti Gotong Royong masyarakat, Kita Tingkatkkan Sinergisitas Gerakan PKK dengan Pemerintah, Berbakti untuk bangsa, berbagi untuk sesama.Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari kegiatan Pencanangan Bulan Bhakti Dasa Wisma dan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tingkat Provinsi Sumatera Barat yang telah dicanangkan oleh Gubernur Sumatera Barat bersama TP PKK Provinsi Sumatera Barat bertempat di Kabupaten Dharmasraya pada Rabu, 9 Maret lalu. 

Rangkaian kegiatan ini merupakan Kolaborasi bersama antara Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) dengan beberapa OPD, yakni Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Perikanan (Diskan), dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan KP).

Adapun yang menjadi pokok dalam rangkaian kegiatan tersebut adalah launhing Inovasi Nagari Siaga Tanggap Bencana (Nan Sigab)/ Srikandi Siaga Tanggap Bencana (Si Sigab), Analisa Rencana Pasca Bencana (Lencana) serta Rapat Koordinasi dan Pengukuhan Pengurus Forikan Kabupaten Padang Pariaman.

(Foto:dok)
Ketua TP PKK Padang Pariaman Yusrita Suhatri Bur menyebutkan, Kolaborasi ini dilakukan dalam rangka untuk mendukung dan menyukseskan pelaksanaan 10 program pokok PKK di Kabupaten Padang Pariaman.

“Dasawisma merupakan bagian terkecil dari program PKK yang mana anggotanya berasal dari 10 kepala keluarga dalam suatu lingkungan. Kolaborasi ini diupayakan untuk mendukung program pokok PKK tersebut, dengan adanya kolaborasi dari sistem terkecil hingga terbesar di tingkat Kabupaten, kita harapkan semua program dapat terwujud dan berhasil menyejahterakan keluarga” tuturnya.

Dalam sambutannya, Bupati Padang Pariaman mengatakan bahwa, Dasa Wisma merupakan salah satu wadah kegiatan masyarakat yang memiliki peran yang penting dan strategis dalam melaksanakan dan menyukseskan 10 Program Pokok PKK di Nagari yang pada akhirnya berpengaruh pada Pencapaian Program kegiatan Tim Penggerak PKK Tingkat Kecamatan dan Kabupaten.

“Oleh karena itu, Kelompok Dasa Wisma dapat dikatakan sebagai ujung tombak keberhasilan program kegiatan TP PKK. Keberadaan dan fungsi Kelompok Dasa Wisma dan kader PKK juga sangat strategis dalam upaya memberdayakan Masyarakat. Yang dimulai dari memberdayakan diri sendiri, memberdayakan keluarga dan memberdayakan masyarakat, yang pada akhirnya akan menciptakan kontribusi dalam pembangunan di daerah secara berkelanjutan.” Ungkapnya.

Kegiatan bulan Bhkati Dasawisma dan BBGRM tersebut dilanjutkan dengan Pelantikan Pengurus Forum Dasawisma oleh TP PKK Padang Pariaman, Pencanangan Bulan Bhakti Dasawisma dan BBGRM yang ditandai dengan pemukulan Gong oleh Bupati Padang Pariaman.

(Foto:Humas Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman)
Selanjutnya, penyerahan alat gotong royong dan penyerahan bibit tanaman kepada Nagari Toboh Gadang serta oleh Bupati. Acara dilanjutkan dengan Penyerahan piala Juara 3 kategori Kabupaten dalam lomba dasawisma berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2022 yang diberikan secara langsung kepada kelompok Dasawisma Anggrek I Nagari Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman

Pada sesi berikutnya, Pengukuhan Srikandi Siaga Tanggap Bencana (Sigab) dan penyerahan berita acara pembentukan nagari siaga tanggap bencana Nagari Seulayat Ulakan serta launching inovasi kebencanaan. Acara kemudian ditutup dengan pengukuhan pengurus forum peningkatan konsumsi ikan (forikan).

Acara yang digelar secara paralel tersebut turut dihadiri oleh Dandim 0308 Pariaman, Kapolres Padang Pariaman, Kapolres Pariaman, Ketua GOW Kabupaten Padang Pariaman, Ketua DWP, Staf Ahli, Asisten, Inspektur, Kepala Badan/bagian/Dinas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman, Camat dan Wali Nagari Se-kabupaten Padang Pariaman, Pengurus TP PKK Se-Kabupaten Padang Pariaman, Ketua TP PKK Kecamatan se-kabupaten Padang Pariaman, Ketua Dasawisma berprestasi tingkat kecamatan tahun 2022 se-kabupaten Padang Pariaman. (BAS/VER)

 




Comments

Popular posts from this blog

H. MUKRONI FAHMI JABAT CAMAT PAMULANG KOTA TANGSEL YANG BARU

Diantara Beberapa Artis Minang Lagi Naik Daun Ratu Sikumbang dan Rayola

London Love Story 2, Ending Kisah Cinta Caramel