Menparekraf Apresiasi Karya Kreatif Anak Bangsa “Boneka Aksi BIMA-S”

 

Jakarta, KORANTRANSAKSI.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengapresiasi kehadiran karya kreatif anak bangsa berupa boneka aksi atau action figure BIMA-S yang pertama kali tercatat menggunakan Intellectual Property (IP) lokal dan diproduksi dalam negeri untuk didistribusikan ke seluruh wilayah Indonesia.

Menparekraf Sandiaga Uno saat menghadiri “Launching MNC Licensing BIMA-S Toys” di Studio MNC, Kebon Jeruk, Jakarta, Rabu (16/6/2021) menjelaskan ekosistem ekonomi kreatif adalah keterhubungan sistem yang mendukung rantai nilai ekonomi kreatif, yaitu kreasi, produksi, distribusi, konsumsi, dan konservasi, yang dilakukan oleh pelaku ekraf untuk memberikan nilai tambah pada produk/karyanya sehingga berdaya saing tinggi, mudah diakses, dan terlindungi secara hukum.

"Hari ini kita punya harapan baru agar ikon-ikon seperti Bima bisa menjadi pilar ekosistem ekonomi kreatif. Dari Kementerian Perindustrian juga mendukung, saya meyakini ini akan membuka lapangan kerja seluas-luasnya. COVID-19 ini memaksa kita untuk bertransformasi. Biasanya kita hanya terbuai dengan IP-IP luar negeri dan Pak Hary Tanoe dan tim menciptakan Bima S ini yang bergerak dari industri kreatif animasi ke gaming. Ini menjadi satu semangat baru, semoga nanti bisa menembus pasar internasional dan menggerakkan ekonomi bangsa,” katanya.

Dalam Launching MNC Licensing BIMA-S Toys hadir pula, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo, Executive Chairwoman MNC Group Liliana Tanoesoedibjo, Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka, Kementerian Perindustrian Gati WIbawaningsih, CEO PT. Royal Kreasi Cemerlang K Stephen Sutijadi, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf Neil El Himam.

Menparekraf Sandiaga Uno juga menjelaskan, saat ini nilai ekonomi kreatif, tengah bertumbuh sangat pesat. Pada 2017 perputaran ekonominya mencapai Rp11 triliun -Rp12 triliun, dengan pertumbuhan pertahun 25-30 persen. Pada tahun 2020 PDB ekraf mencapai Rp1.134,9 triliun.

“BIMA-S ini merupakan transformasi pengembangan kekayaan intelektual dari animasi film ke industri permainan. Kemenparekraf sangat mengapresiasi hal ini karena mendukung berkembangnya ekosistem ekonomi kreatif, tidak hanya mendorong banyak penyerapan tenaga kerja tapi juga meningkatkan PDB ekraf secara nasional,” katanya.

Sementara itu, Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo menambahkan, Kemenparekraf akan mendukung dari sisi kesiapan SDM, pelatihan, dan pendampingan. Selain itu juga akan memberikan kemudahan dari sisi perizinan, karena IP ini akan dilindungi dalam HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) dan diharapkan, kehadiran BIMA-S ini akan menjadi pemicu semangat agar anak muda lain bisa menciptakan IP-IP lainnya.

“Kemenparekraf dalam mendukung industri kreatif, kami selalu bekerja dengan komprehensif, kita sedang menyusun dan dalam tahap finalisasi turunan dari UU ekonomi kreatif terkait HAKI. Kedua, program kita end to end. Bagaimana kita mendukung dari proses ekonomi kreatif itu sendiri, sebagai contoh kita banyak melakukan pelatihan dan pendampingan karena kita percaya keberhasilan dari industri kreatif adalah di SDMnya,” ujarnya.

Sementara itu, Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo menambahkan, BIMA S ini merupakan lanjutan dari sukses serial live action “Satria Garuda Bima X” di RCTI. MNC Animation sebagai rumah produksi di bawah MNC Pictures, melanjutkan kesuksesannya dengan membuat serial animasi BIMA S yang tampil perdana pada Oktober 2020.

“Bima ini produksi live action yang tayang di RCTI 6 atau 7 tahun lalu. Tahun ini IPnya kemudian dilakukan produksi mainan, mudah-mudahan pada semester 2 tahun ini akan dimunculkan karakternya yang akan diluncurkan di theme park Lido. Ini adalah buatan Indonesia dan kita harus bangga, end to end mulai dari IP nya, animasi, live action program dan juga permainannya. Mudah-mudahan kerja sama ini bisa berhasil dengan baik dan bisa diikuti para pelaku ekonomi kreatif lainnya. Sehingga produk kreatif lainnya dalam bentuk apapun bisa ditingkatkan lebih pesat lagi,” katanya. (ZIK)

 

 

 


KOMENTAR

Nama

Advertorial,5,Bea Cukai,6,BPN,2,Ekonomi,97,Film,26,Headline,125,Hibura,1,Hiburan,65,Hukum,79,Imigrasi,1,Internasional,3,Karimun,1,Lingkungan Hidup,3,Megapolitan,151,Musik,16,Nasional,305,NCW,1,Nusantara,19,Opini,35,Padang Pariaman,14,Pangkalpinang,1,Pariwisata,4,Pendidikan,43,Pidie,1,Politik,10,Polkam,1,Sepak Bola,11,Sinetron,1,Sport,22,Tasikmalaya,3,Tekno,7,Televisi,15,Trans Aceh,2,Trans Alor,1,Trans Asahan,1,Trans Babel,15,Trans Bali,2,Trans Bandung,5,Trans Banten,107,Trans Batam,3,Trans Batang,1,Trans Bekasi,72,Trans Belitung,5,Trans Beltim,1,Trans Belu,1,Trans Bengkulu,1,Trans Blitar,1,Trans Bogor,5,Trans Cimahi,6,Trans Demak,1,Trans Depok,16,Trans Gorontalo,4,Trans Humbahas,2,Trans Indragiri Hilir,1,Trans Indramayu,1,Trans Jabar,78,Trans Jakarta,68,Trans Jambi,1,Trans Jateng,14,Trans Jatim,107,Trans Jawa,220,Trans Kaimana,1,Trans Kalbar,5,Trans Kalimantan,6,Trans Kalteng,2,Trans Karawang,59,Trans Karo,1,Trans Kepri,4,Trans Klaten,1,Trans Lombok,1,Trans Magelang,1,Trans Magetan,1,Trans Malang,83,Trans Medan,1,Trans NTB,2,Trans NTT,2,Trans Padang Panjang,4,Trans Pagaralam,7,Trans Pangkalpinang,3,Trans Papua Barat,3,Trans Pekalongan,4,Trans Pontianak,1,Trans Prabumulih,5,Trans Purwakarta,2,Trans Raja Ampat,2,Trans Riau,1,Trans Sambas,1,Trans Sampit,1,Trans Sanggau,2,Trans Semarang,3,Trans Sidoarjo,15,Trans Sulawesi,4,Trans Sumatera,47,Trans Sumbar,14,Trans Sumsel,20,Trans Sumut,9,Trans Surabaya,1,Trans Surakarta,1,Trans Tangerang,1,Trans Tangsel,129,Trans Tapanuli Utara,2,Trans Tasikmalaya,2,Trans Tuban,1,Trans Tulung Agung,1,Trans Wonosobo,1,Trans Yogyakarta,2,Transportasi,4,Trasn Sumenep,1,
ltr
item
Koran Transaksi: Menparekraf Apresiasi Karya Kreatif Anak Bangsa “Boneka Aksi BIMA-S”
Menparekraf Apresiasi Karya Kreatif Anak Bangsa “Boneka Aksi BIMA-S”
https://1.bp.blogspot.com/-L7Eg9bpIfpE/YMsNmsb-uBI/AAAAAAAANxI/g5Osz1b7HCwTBQ0CdsjIKtKOssMuACC3gCNcBGAsYHQ/s16000/30_SANDIAGA.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-L7Eg9bpIfpE/YMsNmsb-uBI/AAAAAAAANxI/g5Osz1b7HCwTBQ0CdsjIKtKOssMuACC3gCNcBGAsYHQ/s72-c/30_SANDIAGA.jpeg
Koran Transaksi
http://www.korantransaksi.com/2021/06/menparekraf-apresiasi-karya-kreatif.html
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/2021/06/menparekraf-apresiasi-karya-kreatif.html
true
1002478562800392392
UTF-8
Memuat Seluruh Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua DIREKOMENDASIKAN KATAGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Tidak menemukan berita yang sesuai dengan permintaan anda KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow INI KONTEN PREMIUM Silahkan bagikan untuk membuka Salin Seluruh Code Pilih Seluruh Code Semua kode telah disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode/teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin