Menparekraf Berikan Apresiasi Kepada Desa Pujon Kidul

 

Menparekraf Sandiaga Uno Memberikan Apresiasi kepada Desa Pujon Kidul karena mampu mensejahterakan masyarakatnya (Foto:dok)
Malang, KORANTRANSAKSI.Com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memberikan apresiasinya kepada Desa Wisata Pujon Kidul di Kabupaten Malang, Jawa Timur yang mampu mensejahterakan nilai tambah ekonomi bagi masyarakatnya.

Melalui pengembangan konsep desa wisata, wilayah Pujon Kidul yang semulanya berbasis pertanian subsisten diubah menjadi desa wisata yang mampu meningkatkan perekonomian dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat.

Sandiaga uno telah memperkenalkan Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2021 bersama penyanyi Denny Cak Nan pada Sabtu (22/5/2021), dimana ia menjelaskan keberadaan wisata dapat menjadi simbol kebangkitan ekonomi nasional ditengah masa pandemi COVID-19. Lantaran desa mampu menggerakkan ekonomi masyarakat secara langsung.

“Saya sangat mengapresiasi, dengan ide kreatif masyarakat di Desa Wisata Pujon Kidul yang memanfaatkan lahan pertanian menjadi lahan pariwisata atau agrowisata. Di sini juga ada potensi pertanian yang bisa menembus pasar ekspor sampai ke Jepang sehingga semakin meningkatkan nilai tambah yang luar biasa bagi masyarakat,” katanya.

Salah Satu Objek Wisata yang disediakan oleh pengelola wisata di Desa Pujon Kidul (Foto:dok)
Sandiaga juga berharap, agar masyarakat dan pengelola desa wisata mampu meningkatkan keterampilan atau upskilling dan Reskiling untuk beradaptasi dengan teknologi digital, sehingga dapat membuka peluang dimasa depan serta menjadi pemenang dengan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

“Saya mendapat laporan dari Kepala Desa, dulu di sini, di Cafe Sawah Desa Wisata Pujon Kidul yang memiliki luas 1 hektare menghasilkan Rp10 juta pertahun. Sekarang disulap dengan pendekatan ekonomi kreatif saat ini penghasilnya meningkat, saat ini dengan luas tanah satu hektare telah menghasilkan Rp1,2 miliar pertahun,” katanya.

Dalam kesempatan itu, turut pula Bupati Malang Abah Sanusi Bersama dengan Forkopimda Kabupaten Malang dan Kota Batu. Kepala Disparbud Kabupaten Malang Made Arya Wedanthara, Direktur Tata Kelola Destinasi dan Pariwisata Berkelanjutan Kemenparekraf /Baperekraf, Indra Ni Tua, juga dihibur oleh penyanyi Denny Cak Nan dan Cak Percil.

ADWI merupakan ajang pemberian penghargaan kepada desa wisata yang berprestasi serta memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Sandiaga menjelaskan sesuai RP JMN 2020-2024, Kemenparekraf/Baparekraf telah menargetkan, sebanyak 244 desa wisata telah tersertifikasi menjadi desa wisata mandiri hingga 2024 mendatang.

Namun, besarnya potensi desa wisata tercatat terdapat 74 ribu desa wisata di Indonesia bisa diharapkan agar bisa melebihi target yang telah dicanangkan. Salah satunya ia menyebutkan kesuksesan desa wisata yang sukses ada di Pujon Kidul, Kabupaten Malang.

“Kita perlu apresiasi kesuksesan Pujon Kidul dalam mengembangkan desa wisata, untuk itu mari masyarakat dukung dalam ADWI 2021 dengan beberapa poin kategori penilaian. Seperti fasilitas digital, akses jaringan, fasilitas pendukung lain termasuk toilet serta ramah lingkungan. Tentunya desa wisata lainnya bisa belajar dari Desa Pujon Kidul. Apalagi desa ini juga sering menjadi pilihan desa wisata lain untuk belajar mengembangkan pariwisata," katanya. (TIM)

 


KOMENTAR

Nama

Advertorial,5,Bea Cukai,6,BPN,2,Ekonomi,97,Film,26,Headline,125,Hibura,1,Hiburan,65,Hukum,79,Imigrasi,1,Internasional,3,Karimun,1,Lingkungan Hidup,3,Megapolitan,151,Musik,16,Nasional,305,NCW,1,Nusantara,19,Opini,35,Padang Pariaman,13,Pangkalpinang,1,Pariwisata,4,Pendidikan,43,Pidie,1,Politik,10,Polkam,1,Sepak Bola,11,Sinetron,1,Sport,22,Tasikmalaya,3,Tekno,7,Televisi,15,Trans Aceh,2,Trans Alor,1,Trans Asahan,1,Trans Babel,15,Trans Bali,2,Trans Bandung,5,Trans Banten,107,Trans Batam,3,Trans Batang,1,Trans Bekasi,72,Trans Belitung,5,Trans Beltim,1,Trans Belu,1,Trans Bengkulu,1,Trans Blitar,1,Trans Bogor,5,Trans Cimahi,6,Trans Demak,1,Trans Depok,16,Trans Gorontalo,4,Trans Humbahas,2,Trans Indragiri Hilir,1,Trans Indramayu,1,Trans Jabar,78,Trans Jakarta,68,Trans Jambi,1,Trans Jateng,14,Trans Jatim,107,Trans Jawa,220,Trans Kaimana,1,Trans Kalbar,5,Trans Kalimantan,6,Trans Kalteng,2,Trans Karawang,59,Trans Karo,1,Trans Kepri,4,Trans Klaten,1,Trans Lombok,1,Trans Magelang,1,Trans Magetan,1,Trans Malang,83,Trans Medan,1,Trans NTB,2,Trans NTT,2,Trans Padang Panjang,4,Trans Pagaralam,7,Trans Pangkalpinang,3,Trans Papua Barat,3,Trans Pekalongan,4,Trans Pontianak,1,Trans Prabumulih,5,Trans Purwakarta,2,Trans Raja Ampat,2,Trans Riau,1,Trans Sambas,1,Trans Sampit,1,Trans Sanggau,2,Trans Semarang,3,Trans Sidoarjo,15,Trans Sulawesi,4,Trans Sumatera,47,Trans Sumbar,14,Trans Sumsel,20,Trans Sumut,9,Trans Surabaya,1,Trans Surakarta,1,Trans Tangerang,1,Trans Tangsel,128,Trans Tapanuli Utara,2,Trans Tasikmalaya,2,Trans Tuban,1,Trans Tulung Agung,1,Trans Wonosobo,1,Trans Yogyakarta,2,Transportasi,4,Trasn Sumenep,1,
ltr
item
Koran Transaksi: Menparekraf Berikan Apresiasi Kepada Desa Pujon Kidul
Menparekraf Berikan Apresiasi Kepada Desa Pujon Kidul
https://1.bp.blogspot.com/-DHKzOHUP0iI/YKtfZCOGGII/AAAAAAAANdQ/SNafvA0l7ac6frTyRe6j5IQrwt6y7Qw4ACNcBGAsYHQ/s16000/21_SANDIAGA.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-DHKzOHUP0iI/YKtfZCOGGII/AAAAAAAANdQ/SNafvA0l7ac6frTyRe6j5IQrwt6y7Qw4ACNcBGAsYHQ/s72-c/21_SANDIAGA.jpeg
Koran Transaksi
http://www.korantransaksi.com/2021/05/menparekraf-berikan-apresiasi-kepada.html
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/2021/05/menparekraf-berikan-apresiasi-kepada.html
true
1002478562800392392
UTF-8
Memuat Seluruh Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua DIREKOMENDASIKAN KATAGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Tidak menemukan berita yang sesuai dengan permintaan anda KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow INI KONTEN PREMIUM Silahkan bagikan untuk membuka Salin Seluruh Code Pilih Seluruh Code Semua kode telah disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode/teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin