Untuk Bangkitkan Sektor Parekraf, Kemenparekraf Upayakan Penerapan TCA


Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno Saat menggelar Rapat (Foto:dok)

Jakarta, KORANTRANSAKSI.Com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terus mempersiapkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia termasuk penerapan travel corridor arangement (TCA) di sejumlah destinasi dalam rangka menyambut rencana pembukaan kembali perbatasan Indonesia bagi penerbangan internasional.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan bahwa saat ini pihaknya telah melakukan upaya pembukaan travel corridor arrangement di Batam dan Bintan, Kepulauan Riau.

“Dengan upaya ini diharapkan agar pariwisata dengan mengacu pada protokol kesehatan yang ketat dan disiplin akan mampu menggeliat, membuka lapangan kerja, dan membangkitkan ekonomi kembali," ujar Sandiaga.

Ia mengatakan juga bahwa dalam rakor tersebut, Menlu Retno Marsudi juga menuturkan ada beberapa negara yang akan memfinalisasikan perjanjian travel bubble dengan Indonesia. Negara-negara tersebut adalah Uni Emirat Arab, Qatar, Belanda, Republik Rakyat Tiongkok, dan Singapura.


"Hal ini juga dipengaruhi oleh banyak hal, seperti penerapan kepatuhan protokol kesehatan, peningkatan dan perluasan testing dan tracing. Serta, semakin masifnya pelaksanaan vaksinasi," katanya. Sehingga, hal ini semakin membangkitkan harapan dalam upaya membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Tanah Air.

Selain pembukaan travel corridor arrangement di Batam dan Bintan, ia juga mengungkapkan pihaknya bersama Kementerian dan lembaga-lembaga yang terkait juga tengah mempersiapkan vaksinasi bagi pelaku wisata dan ekonomi kreatif di Bali sebagai upaya mempersiapkan kesiapan di Bali menerima wisatawan kembali pada Juni dan Juli mendatang.

Kementerian kesehatan pun telah mengirimkan 290 ribu vaksin ke pemerintah Provinsi Bali dan pada Juli diharapkan sekitar dua juta warga bali sudah mendapatkan vaksinasi. Hal yang sama juga kita lakukan di Batam dan di Bintan”, katanya.

Sandiaga juga menuturkan selain vaksinasi dan travel bubble, Kemenparekraf/Baperakraf juga terus mengembangkan potensi dari desa-desa wisata yang ada di Indonesia. Terutama di lima destinasi super prioritas untuk memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di tanah air. (ZIK/TIM)


Comments

Popular posts from this blog

H. MUKRONI FAHMI JABAT CAMAT PAMULANG KOTA TANGSEL YANG BARU

Diantara Beberapa Artis Minang Lagi Naik Daun Ratu Sikumbang dan Rayola

London Love Story 2, Ending Kisah Cinta Caramel