Gambar Mural Jadikan Ajang Penghibur Warga Cakung Abiskan Waktu Di Saat Masa PSBB

Jakarta, KORANTRANSAKSI.Com – Upaya yang dilakukan oleh warga Ibu Kota untuk mengisi waktu selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar ( PSBB) menyusul pandemi Virus Corona. Seperti halnya dengan warga Cakung, Jakarta Timur yang bergotong royong untuk menghias area pemukiman rumahnya dengan mural.

Tepatnya di wilayah RT 001 RW 005 Kelurahan Cakung Barat, Cakung Jakarta Timur, dimana warga tersebut terpaksa tidak bisa berpergian kemana mana karena adanya PSBB ini. Untuk mengisi kejenuhan selama masa PSBB, para warga ini menyalurkan kreatifitasnya dengan membuat gambar mural 3D di sekitar pemukiman mereka.

Gambar yang mereka buat cukup menarik untuk dilihat, karena para warga tersebut membuatnya dengan berbagai macam gambar kartun seperti Doraemon, Bintang, hingga sosok virus Corona tersebut. Dan mereka pun menggunakkan berbagai macam warna untuk membuat gambar mural sehingga kelihatan menarik untuk di lihat.

Menurut Wawan Subandi, salah seorang warga setempat mengatakan bahwa ide pembuatan mural ini merupakan upaya untuk menghilangkan rasa jenuh dan kebosenan anak anak dan warga setempat yang hanya berada dirumah saja.

"Spontan saja karena kita nggak bisa keluar ke mana-mana, kita inisiatif akhirnya bikin gambar buat anak-anak kita di lingkungan kita biar nggak pergi jauh-jauh itu tujuan pertamanya. (Anak-anak biar) Tetap ada di lingkungan dan juga kita orang tuanya biar ada kegiatan sambil menunggu Corona ini selesai," kata Wawan ketika dihubungi, Kamis (28/5/2020).


Gambar mural tersebut di buat selama 10 hari dan berlokasi di Jalan SMP Negeri 144 RT 001 RW 005. Kurang lebih ada sekitar 15 orang yang ikut dalam pembuatan gambar mural tersebut.

Wawan juga mengatakan bahwa, awa ide ini muncul secara spontan karena mayoritas warga yang bekerja sebagai pedagang, ojek online, terpaksa harus tinggal dirumah akibat masa PSBB tersebut. Ia juga menuturkan bahwa dana yang digunakan pun sebatas swadaya masyarakat setempat saja.

“Dari swadaya yang ada saja karena kita juga tadinya sih pengin kita ambilin ke semua warga tapi kan kita perlu bukti dulu kita kerjain, duitnya kemampuan kita baru setelah itu Alhamdulillah ada yang ngasih cat ke kita, kopi-kopi, ya alhamdulillah berjalan seperti itu," jelasnya.

Wawan juga menjelaskan bahwa alasan ia memilih untuk menggambar mural 3D karena saat ini banyak anak muda yang suka berselfie ria. Dia sangat bersyukur karena ide kreatifitasnya, banyak yang menyukai termasuk anak anak bahkan dari warga di wilayah lainnya.

"Karena memang kita juga kan minim info, pengetahuan, itu juga bapak-bapak berdasarkan coretan-coretan yang ada saja, tapi alhamdulillah lah walaupun hanya 500 meter yang baru kita kerjakan ini respons banyak anak-anak yang buat foto-foto, dari luar lingkungan juga ada. Ya alhamdulillah saja," ujar Wawan.

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini, masyarakat bisa ikut mencontohnya agar bisa mengisi waktu luang disaat masa PSBB tersebut. dan dia berpesan agar kegiatan ini bisa menjadi contoh bagi warga di wilayah lainnya.

"Mudah-mudahan jadi satu contoh buat yang lain dan bakat anak-anak kita juga yang ada di sini ikut tergali walaupun sekadar coret-coretan dan saya sih juga penginnya gang-gang yang lain terutama di wilayah saya ini juga akan bersih. Terutama kita kan juga lebih ke kebersihannya juga," tutur Wawan. ( ZIQ/TIM )


Comments

Popular posts from this blog

H. MUKRONI FAHMI JABAT CAMAT PAMULANG KOTA TANGSEL YANG BARU

Diantara Beberapa Artis Minang Lagi Naik Daun Ratu Sikumbang dan Rayola

London Love Story 2, Ending Kisah Cinta Caramel