Arus Balik Mudik 2018 Mulai Memadati Kawasan Pelabuhan Bakahueni

Sejumlah pemudik arus balik yang kelelahan, nampak memanfaatkan ruang tunggu istirahat yang disediakan pihak PT ASDP Bakahueni. (foto : Yusvin M Karuyan)


BAKAHUENI, KORANTRANSAKSI, com - Arus penyeberangan penumpang dan kendaraan pemudik arus balik Lebaran 1439 Hijriah dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak pada hari ini atau H+3, Selasa (19/6/18) mulai terjadi kepadatan.

Pantauan KORANTRANSAKSI,com dilapangan pada Selasa sore hingga malam tadi, berapa gang way menuju dermaga 1, 2, 3, 4, 5 dan 6, mulai terlihat antrean penumpang yang hendak menyeberang ke Pelabuhan Merak, Cilegon Banten. Antrian panjang juga nampak terlihat pada sejumlah loket tiket sepeda motor.

GM ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Bakahueni, Anton Murdianto didampingi Budi Setiawan selaku koordinator posko angkutan Lebaran 2018 Pelabuhan Bakauheni mengatakan, melihat situasi arus kedatangan calon penumpang di Pelabuhan Bakahueni, memang sudah mulai padat dan kemungkinan adalah puncaknya arus balik.

"Kalau melihat masa waktu hari libur bagi PNS dan juga buruh pabrik, kemungkinan puncak arus balik pemudik terjadi pada Selasa malam ini atau pada Rabu besok,"ujar Anton.

Anton menambahkan, terpantau berdasarkan data yang kami himpun hingga Senin 18 Juni 2018 kemarin, pemudik yang telah kembali menyeberang ke Pelabuhan Merak, baru mencapai 25 persen atau sebanyak 242.031 orang.

"Masih ada sekitar 75 persen dari total 970.327 pemudik, dan  masih ada sekitar 63.700 unit pemudik roda dua dan 83.644 unit pemudik roda empati,"tutur orang nomor satu di ASDP Bakahueni ini. Lebih lanjut Anton menuturkan, sehari sebelumnya pada H+1 Senin 17 Juni lalu, arus penyeberangan menuju pelabuhan Bakauheni dibanding hari-hari sebelumnya, sudah mulai mengalami peningkatan.

 "Sekitar 9.508 pemudik jalan kaki dan 36.900 penumpang dalam kendaraan telah menyeberang ke Pelabuhan Merak pada Minggu (17/6/2018). Adapun umumnya pemudik pejalan kaki ramai pada siang hari. Sedangkan roda empat saat sore dan malam hari,” ujarnya.

Dikatakan GM PT ASDP Bakauheni Anton Murdianto, berdasarkan data sementara yang dikumpulkan dari H2 (16/06/18) hingga H+3 Selasa (19/06/18), jumlah pemudik arus balik yang telah menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak, mencapai 242.031 penumpang, dan dari total tersebut, masih ada 728.296 orang yang belum kembali.

"Guna memperlancar arus mudik dan arus balik, ASDP Bakahueni menyiapkan fasilitas bagi penumpang pejalan kaki, yakni ruang tunggu yang nyaman berkapasitas hingga 1000 orang. Kami juga menyiapkan loket tiket jalur khusus bagi ibu hamil, balita, lansia, difabel, dan juga fasilitas kesehatan, toilet bersih, ruang menyusui,"ujar Anton. (yus)

Comments

Popular posts from this blog

H. MUKRONI FAHMI JABAT CAMAT PAMULANG KOTA TANGSEL YANG BARU

London Love Story 2, Ending Kisah Cinta Caramel

Diantara Beberapa Artis Minang Lagi Naik Daun Ratu Sikumbang dan Rayola