Ramadhan, Remaja Mushola Jaga Tradisi Membangunkan Sahur

BEKASI, KORANTRANSAKSI.com Alhamdulillah, zaman boleh modern namun tradisi tidak boleh hilang. Memasuki bulan suci Ramadhan, semangat remaja mushola Miftahul Jannah Kampung Cabang Pintu Air, Desa Sukaraya, Kecamatan Karang Bahagia, Kabupaten Bekasi patut dibanggakan. Dengan penuh dengan rasa kepedulian, mereka tak kenal lelah membangun warga muslim untuk sahur keliling kampung.
Sahur … Sahur … ! Itulah yang meraka kumandangan dengan diiringi tabuhan bedug hingga terdengar oleh warga seluruh kampung. Mereka melakukannya dengan penuh keikhlasan, selain untuk menjaga tradisi juga untuk memperbanyak pahala, karena memang bulan ini adalah bulan yang penuh hikmah dan barokah.
“Dari hari pertama saya keliling kampung guna membangunkan orang-orang untuk sahur,” ujar salah seorang remaja mushola. Ia mengungkapkan bahwa, kegiatan membangunkan sahur keliling dimulai dari pukul 02.00 pagi hingga memasuki waktu imsyak.
Ia menjelaskan, bahwa mereka melakukan kegiatan itu awalnya diperintah oleh Ustad Komar dan Ustad Endas. “Namun kelanjutanya kami sendiri yang berinisitif, bahkan kami semua pada tidur di Mushollah Miftahul Jannah,” jelasnya.
Terkait adanya pendapat bid’ah dalam kegiatan itu, Ustad Endas menjelaskan bahwa justru dengan sarana bedug tersebut, dapat mengantarkan kepedulian kepada warga, khususnya warga Kampung Cabang Pintu Air. “Saya rasa salah satu cara untuk berkeliling membangunkan sahur ya seperti inilah, dengan menggunakan sarana menabuh bedug,” pungkasnya. (Nunu)

Comments

Popular posts from this blog

Diantara Beberapa Artis Minang Lagi Naik Daun Ratu Sikumbang dan Rayola

H. MUKRONI FAHMI JABAT CAMAT PAMULANG KOTA TANGSEL YANG BARU

SMUN 10 KOTA TANGSEL BANGUN MASJID AL-MUHAJIRIN