Imigrasi Terapkan Aplikasi Antrian Paspor Online

Konferensi pers terkait inovasi yang diluncurkan Direktorat Jenderal Imigrasi.
Konferensi pers terkait inovasi yang diluncurkan Direktorat Jenderal Imigrasi.
Direktorat Jenderal Imigrasi juga meningkatkan layanan Paspor dengan memberikan kemudahan penggantian Paspor hanya melampirkan KTP dan Paspor lama.
JAKARTA, KORANTRANSAKSI.com Direktorat Jenderal Imigrasi melakukan beberapa inovasi untuk meningkatkan kualitas layanan paspor. Diantaranya, aplikasi Antrian Paspor online. Aplikasi berbasis android ini memberikan kemudahan kepada pemohon paspor.
Aplikasi WAGS.
Imigrasi juga menerapkan Aplikasi WhatsApp Gateway Service (WAGS). Aplikasi ini akan menjadi jembatan komunikasi antara petugas imigrasi dengan pemohon paspor terkait dengan proses penerbitan paspor. “Utamanya pemberitahuan kepada pemohon bahwa paspor telah selesai,” kata Sekretaris Direktorat Jenderal Imigrasi, Friement F.S. Aruan dalam pers rilis, Rabu (10/05/2017).
Friement mengungkapkan bahwa, Imigrasi juga memberikan kemudahan prosedur dan persyaratan penggantian paspor yang merupakan kebijakan untuk memangkas birokrasi agar efektif dan efisien. Tujuannya adalah menyederhanakan tahapan birokrasi dalam penerbitan paspor melalui Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM), dengan hanya mensyaratkan KTP dan paspor lama. Penggantian paspor diselesaikan dalam jangka waktu 1 (satu) hari sejak dilakukan pembayaran.
Menurut Friement uji coba inovasi tersebut akan dilakukan mulai tanggal 16 Mei 2017 bertempat di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan. Khusus untuk kemudahan penggantian paspor, ujicobanya adalah paspor yang sebelumnya dikeluarkan oleh kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan,” jelasnya.
Selanjutnya inovasi ini akan diimplementaskan secara bertahap di beberapa kantor Imigrasi dan kemudian di seluruh Kantor Imigrasi di Indonesia. Dengan inovasi ini masyarakat pemohon paspor mendapatkan kenyamanan dan kemudahan pelayanan Keimigrasian,” pungkasnya. (RN)

Comments

Popular posts from this blog

H. MUKRONI FAHMI JABAT CAMAT PAMULANG KOTA TANGSEL YANG BARU

London Love Story 2, Ending Kisah Cinta Caramel

Diantara Beberapa Artis Minang Lagi Naik Daun Ratu Sikumbang dan Rayola