Bea Cukai, BNN, Dan Polri Gagalkan Upaya Penyelundupan 11 Kg Sabu

Konferensi pers terkait penggagalan upaya penyelundupan narkotika.
Konferensi pers terkait penggagalan upaya penyelundupan narkotika.
PONTIANAK, KORANTRANSKASI.com Bea Cukai terus berupaya meningkatkan pengawasan dengan menjalin kerja sama dengan instansi terkait. Terbukti, petugas gabungan Bea Cukai Kalimantan Bagian Barat, Badan Narkotika Nasional (BNN) pusat dan wilayah Kalimantan Barat, dan Kepolisian Kalimantan Barat berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 11 Kg Methamphethamine (sabu).
Direktur Jenderal Bea Cukai, Heru Pambudi menjelaskan kronologi pengungkapan kasus ini. Pada Senin (20/03) sekitar pukul 23.30, petugas gabungan melakukan penangkapan terhadap tiga orang tersangka berinisial G, W, dan A. Sabu seberat 11 Kg tersebut dibawa oleh tersangka G dan W dari Kuching, Malaysia melalui Pos Lintas Batas Entikong menggunakan sebuah kendaraan roda empat. “Selanjutnya sabu tersebut diserahkan kepada tersangka A di daerah Simpang Tiga Sudarso, Kubu Raya, Pontianak,” jelasnya.
Heru kemudian menambahkan, petugas yang telah mengikuti para tersangka lantas menangkap tersangka A setelah menerima sabu dari dua tersangka lainnya. Saat hendak ditangkap, tersangka A berusaha melarikan diri dengan menggunakan sepeda motor. Petugas gabungan mengeluarkan tembakan peringatan, namun tersangka justru menambah cepat laju kendaraan yang digunakan. Saat petugas akan melakukan penangkapan terhadap tersangka, petugas mendapatkan perlawanan sehingga mengambil tindakan tegas terhadap tersangka.
“Berdasarkan pengakuan tersangka G, dirinya telah delapan kali melakukan penyelundupan sabu selama 2017. Sementara tersangka W telah tiga kali. Keduanya merupakan anak buah tersangka A yang diberikan upah masing-masing Rp 5 juta setiap kali melakukan penyelundupan,” jelas Heru.
Saat ini barang bukti berupa 11 Kg sabu, 1 unit mobil, dan 9 buah telepon genggam telah diserahkan ke BNN Provinsi Kalimantan Barat untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Para tersangka akan dijerat dengan Pasal 114 Ayat (2) jo Pasal 132 Ayat (1), Pasal 112 Ayat (2) jo Pasal 132 Ayat (1) Undang-Undang No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Penangkapan ini menambah panjang daftar penindakan narkotika dan psikotropika di seluruh Indonesia, di mana sepanjang tahun 2017 Bea Cukai telah menindak 52 kasus dengan barang bukti yang diamankan sebesar 197,68 kilogram. (SN/Rel)

Comments

Popular posts from this blog

H. MUKRONI FAHMI JABAT CAMAT PAMULANG KOTA TANGSEL YANG BARU

Diantara Beberapa Artis Minang Lagi Naik Daun Ratu Sikumbang dan Rayola

London Love Story 2, Ending Kisah Cinta Caramel