Pemkot Pagaralam Hutang Rp71 Miliar Kepada Pemborong

Kantor Walikota Pagaralam
Kantor Walikota Pagaralam.
PAGARALAM, KORANTRANSAKSI.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam mengakui adanya hutang kepada pihak ketiga atau pemborong yang mencapai Rp 71 miliar. Pemkot terhutang karena pihak ketiga sudah melakukan pekerjaan dan harus dibayar. Sementara, dana transfer pusat mencapai Rp 63 miliar dan Provinsi Rp 40 miliar telat.
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pagaralam, H Safrudin mengatakan, adanya penyesuaian atau pemotongan anggaran membuat kondisi daerah sedikit goyang. Ditambah adanya pemotongan akhir 2016, kemudian keterlambatan sehingga transfer dari pemerintah pusat sehingga tidak dapat membayar dana pihak ketiga.
Akibatnya, Walikota Pagaralam harus mengakui adanya hutang Rp 71 miliar hutang kepada pihak ketiga. "Kita mengharapkan anggota DPD RI bapak Hendri Zainudin dan Siska Marleni dapat menyuarakan masalah ini kepada Kementerian Keuangan. Dengan begitu, jika dana ditranfer tidak akan mengganggu program 2017," pinta sekda, saat bertemu anggota DPD RI Hendri Zainudin diruang Besemah III, Jumat (13/1/2017).
Plt Kepala DPPKAD Kota Pagaralam, Iwan Mike Wijaya menjelaskan, ‎pada 2014 pemerintah terlambat membuat peraturan sehingga terjadi pengurangan. Dimana, ada Rp 43 miliar pemotongan sehingga total jumlahnya mencapai Rp92 miliar dipotong pusat.
Kemudian, pada 2015 pending dari segi belanja agar dapat melakukan penyesuaian pendapatan. Namun, setelah dilakukan terdapat transfer pusat yang macet 2015 sehingga seluruh uang di kas kosong.
"Begitu juga tahun 2016 ada Rp64 miliar dari sektor DBH pemerintah pusat kurang bayar. Kemudian, pada 31 Desember 2016 akan ditransfer tetapi tidak juga masuk. Begitu juga, Rp 40 miliar dari provinsi tidak masuk. Akibatnya, pekerjaan pihak ketiga terpaksa tidak dibayar dan diakui sebagai hutang," jelasnya. (Mirwansyah, SE)

Comments

Popular posts from this blog

H. MUKRONI FAHMI JABAT CAMAT PAMULANG KOTA TANGSEL YANG BARU

Diantara Beberapa Artis Minang Lagi Naik Daun Ratu Sikumbang dan Rayola

London Love Story 2, Ending Kisah Cinta Caramel