Dinkes Malang Imbau Masyarakat Konsumsi Makanan Lokal

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Dr. dr. Asih Tri Rachmi Nuswantari, MM.
Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, Dr. dr. Asih Tri Rachmi Nuswantari, MM.
MALANG, KORANTRANSKASI.com - Memperingati Hari Gizi Nasional yang jatuh pada 25 Januari, Dinas Kesehatan Kota Malang mengimbau kepada masyarakat untuk membudayakan mengkonsumsi makanan lokal.
"Makanan lokal kaya gizi dalam mendukung pola makan gizi berimbang," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang, Dr. dr. Asih Tri Rachmi Nuswantari, MM., Rabu (25/1/2017).
Dia menjelaskan makanan lokal harus dibudayakan dan dikonsumai rutin, karena menurutnya makanan lokal merupakan salah satu alternatif makanan yang dinilai memiliki banyak kelebihan. "Makanan lokal sifatnya segar, pangan lokal juga cita rasanya lebih baik dan kandungan nutrisinya lebih terjaga disertai dengan harga yang ekonomis," terangnya.
Makanan lokal yang dimaksud diantaranya seperti tiwul, pohong, laron, belut. "Artinya jika kita tidak bisa membeli ikan salmon yang kaya protein, kita bisa mengganti dengan ikan belut. Intinya kita sesuaikan dengan kebutuhan gizi yang diinginkan," tegasnya.
Selain itu, makanan lokal yang paling banyak dikonsumsi masyarakat akan kaya karbohidrat seperti pohong. Pohong ini sangat bagus untuk menambah tenaga di saat melakukan aktivitas. "Tak hanya itu saja keseimbangan gizi dalam tubuh juga diimbangi dengan makan buah dan sayuran yang segar," tegasnya.
Sementara itu, terkait penyakit antraks yang beberapa hari lalu tersebar di Kulon Progo Jawa Tengah, dia memastikan peredaran penyakit dari daging tersebut tidak menyebar di Jawa Timur apalagi di Kota Malang.
"Saya pastikan di Malang aman dan nihil penyakit antraks. Karena saya sudah konfirmasi langsung ke pihak Dinkes di sana bahwa peredaran daging tidak menyebar ke Malang," terangnya.
Dia mengimbau tentang penyakit antraks, masyarakat warga Malang tidak perlu khawatir dan takut. Ia sudah memastikan daging di Malang segar dan aman untuk dikonsumsi. (Gus)

Comments

Popular posts from this blog

H. MUKRONI FAHMI JABAT CAMAT PAMULANG KOTA TANGSEL YANG BARU

London Love Story 2, Ending Kisah Cinta Caramel

Diantara Beberapa Artis Minang Lagi Naik Daun Ratu Sikumbang dan Rayola