Timnas Indonesia Lolos ke Final AFF 2016

Timnas Indonesia lolos ke final setelah menahan imbang Vietnam 2-2 di Stadion My Dinh.
JAKARTA, KORANTRANSAKSI.com – Tim Nasional (Timnas) Sepak Bola Indonesia lolos ke final Piala AFF 2016. Hasil ini diraih Timnas Indonesia setelah bermain imbang 2-2 selama 120 menit melawan Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, Rabu (7/12). Dengan demikian, Indonesia dinyatakan lolos dengan agregat 4-3 setelah pertandingan pertama di Stadion Pakansari berakhir dengan skor 2-1.
Indonesia lolos setelah melewati laga yang cukup dramatis. Saat berlangsungnya pertandingan, peluang Timnas menuju final terbuka pada menit 97 babak waktu tambahan laga semi final kedua Piala AFF 2016. Tendangan penalti yang dieksekusi pemain belakang Tim Nasional Indonesia, Manahati Lestusen berhasil membawa timnya menyamakan kedudukan 2-2 kontra Vietnam.
Dengan kedudukan 2-2 itu, maka Indonesia untuk sementara unggul agregat 4-3, lantaran kemenangan 2-1 di semi final pertama, dan berpeluang lebih besar melaju ke final menghadapi pemenang antara Myanmar dan Thailand.
Sebelumnya, Indonesia unggul lebih dulu berkat gol Stefano Lilipaly 54 menyambar bola liar di garis gawang akibat kegagalan penjaga gawang Tran Nguyen Manh dan bek Truong Dinh Luat mengantisipasi umpan silang Boaz Solossa yang terlampau tajam menusuk ke dalam gawang.
Lantas, Vietnam harus bermain dengan sepuluh pemain setelah Nguyen Manh diganjar kartu merah oleh wasit Fu Ming pada menit 77 akibat tindakan tak terpuji menendang Bayu Pradana dalam situasi permainan tengah jeda untuk pelanggaran dan pemain belakang Que Ngoc Hai terpaksa mengambil alih peran penjaga gawang.
Ironisnya, Indonesia yang memiliki keuntungan jumlah pemain dan berada dalam posisi unggul gagal total dalam upaya mengendalikan permainan maupun membangun serangan berbahaya, sebaliknya Vietnam seolah terlecut untuk membuktikan kemampuan mereka dan terus melancarkan serangan.
Hasilnya, berawal dari sebuah pelanggaran tak perlu dari Hansamu Yama Pranata di tepian kotak penalti sebelah kiri pertahanan, berbuah tendangan bebas untuk Vietnam.
Pham Thanh Luong yang menjadi eksekutor dengan cerdik menyodorkan bola kepada Vu Van Thanh yang segera menyambar dengan tendangan keras menyusur tanah, membelah kerumunan pemain di dalam kotak penalti hingga mengecoh penjaga gawang Kurnia Meiga.
Bahkan pertandingan harus dilanjutkan ke babak tambahan 2x15 menit setelah tuan rumah sukses membalikkan keadaan 2-1 lewat gol Vu Minh Tuan pada menit 90+2.
Gol itu tercipta memanfaatkan kegugupan yang melanda pertahanan Indonesia saat Minh Tuan merangsek ke dalam kotak penalti dan melepaskan tendangan yang menghujam ke sudut kanan gawang yang dikawal Kurnia Meiga.
Berikut susunan pemain kedua tim seturut laman resmi Piala AFF 2016:
Vietnam: Tran Nguyen Manh (PG); Truong Dinh Luat, Tran Dinh Dong, Que Ngoc Hai, Vu Van Thanh; Nguyen Trong Hoang, Luiong Xuan Truong, Dinh Thanh Trung (Pham Thanh Luong); Nguyen Van Toan (Vu Minh Tuan), Le Cong Vinh, Nguyen Van Quyet (Nguyen Cong Phuong). Pelatih: Nguyen Huu Tang
Indonesia: Kurnia Meiga (PG); Beny Wahyudi, Hansamu Yama, Fachruddin, Abduh Lestaluhu; Manahati Lestusen, Bayu Pradana; Andik Vermansah (Dedi Kusnandar), Stefano Lilipaly (Zulham Zamrun), Rizky Pora; Boaz Solossa (Ferdinan Sinaga). Pelatih: Alfred Riedl
(Q4)

Posting Komentar

0 Komentar