Program Germas Dicanangkan di Padangpariaman

PADANGPARIAMAN, KORANTRANSAKSI.com - Sebagai upaya peningkatan hidup sehat dan bersih di masyarakat, pemerintah meluncurkan program gerakan masyarakat hidup sehat (Germas). Program yang merupakan gagasan Wakil Presiden Republik Indonesia Muhammad Jusuf Kalla ini, dicanangkan serentak di 10 Kabupaten/kota se-Indonesia, termasuk di Kabupaten Padangpariaman.
Selain dicanangkan di Kabupaten Padangpariaman, Germas juga dicanangkan di Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Bandung, Kabupaten Purbalingga, Kota Batam, Kabupaten Bogor, Kota Jambi, Kota Pare-pare, Kota Surabaya, dan Kota Madiun.
“Jika dilakukan dengan cara promotif dan preventif, program Germas ini diharapkan dapat menurunkan beban penyakit. Menurunkan angka produktivitas penduduk, serta menurunkan beban biaya kesehatan,” ujar Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Yembise, seusai mencanangkan Germas di lapangan Nagari Sungaiabang, Kecamatan Lubuk alung, Kabupaten Padang Pariaman, belum lama ini.
Menurut Menteri PPPA, pembangunan kesehatan di Indonesia merupakan bentuk aplikasi nyata dari revolusi mental. Untuk itu, dia memberi poin kecil yang dapat dilakukan dalam membudayakan hidup sehat dan bersih. Di antarnya mencuci tangan menggunakan sabun sebelum makan, menjaga kebersihan rumah, ketersedian air bersih, makan buah dan sayur menajga aktivitas olahraga. “Selain para keluarga, lingkungan harus bisa menjaga anak-anak dari bahaya asap rokok, karena budaya hidup bersih dan sehat harus dimulai dari diri sendiri,” ujarnya.
Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengatakan Germas harus didukung dan disukseskan oleh semua pihak. Dia mengungkapkan persentase realisasi kesehatan di Provinsi Sumbar telah mencapai 20 persen. Artinya, angka persentase itu bukti nyata komitmen pemerintah dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat,” terangnya.
“Gerakan masyarakat hidup sehat tidak akan berhasil tanpa adanya aksi nyata dari masyarakat. Pemerintah hanya memfasilitasi. Untuk itu, masyarakat harus berbuat nyata mencapai kualitas hidup yang sehat ini,” ujarnya.
Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni mengatakan, sebelum pencanangan program Germas, pihaknya telah menjalankan program Padangpariaman Sehat sejak 2015. Melalui program Padangpariaman Sehat, seluruh biaya kesehatan di Padangpariaman gratis. “Padangpariaman Sehat bekerja sama dengan Bdan Amil Zakat Nasional. Jadi, pemerataan kesehatan dapat dilakukan karena biaya kesehatan digratiskan,” kata Ali Mukhni.
Dalam program Germas itu, masyarakat diajak melaksanakan senam bersama. Mulai warga dari usia murid SD, hingga kalangan lanjut usia (lansia). Setelah itu, Menteri PPPA menyempatkan untuk berkunjung ke Puskesmas Lubukalung, SMAN 1 Lubukalung, serta rumah warga yang telah mendapat program bedah Pemerintah Kabupaten Padangpariaman. (Bas)

Comments

Popular posts from this blog

H. MUKRONI FAHMI JABAT CAMAT PAMULANG KOTA TANGSEL YANG BARU

Diantara Beberapa Artis Minang Lagi Naik Daun Ratu Sikumbang dan Rayola

London Love Story 2, Ending Kisah Cinta Caramel