Tingkatkan Kinerja PPID, Diskominfo Depok Gelar Rakor

Diskominfo Saat Mengadakan Rapat Koordinasi
DEPOK, KORANTRNSAKSI.com - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok mengadakan rapat koordinasi untuk meningkatkan pelayanan informasi publik. Rakor yang digelar di aula lantai 3 Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Depok ini, mengundang semua Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kota Depok. Rakor ini dihadiri oleh Komisioner Komisi Informasi Pusat Henny S. Widyaningsih serta Tenaga Ahli Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo RI Ismail Cawidu.
Menurut Plt. Kepala Diskominfo Kota Depok, Hardiono Rakor ini bertujuan agar para peserta yang merupakan PPID dapat memahami tugas dan fungsinya sebagai penyedia informasi bagi masyarkat. PPID sendiri harus bisa memberikan informasi mengenai pembangunan dan pelayanan Kota Depok. Selain itu, juga memiliki fungsi control dengan menyikapi kritik dari masyarakat secara positif. “Progam di OPD dan kecamatan sangat banyak, itu harus dipublikasikan agar masyarakat mengetahui,” ucap pria yang juga menjabat Kepala Bappeda Kota Depok ini.
Sementara itu, Komisioner Komisi Informasi Pusat, Henny S Widyaningsih menyampaikan apresiasinya kepada Diskominfo Kota Depok karena tidak banyak ada Kota/Kabupaten yang melaksanakan kegiatan rakor khusus untuk membahas kinerja PPID. Menurutnya ini merupakan bentuk keseriusan Depok untuk menciptakan pelayanan informasi publik dengan maksimal.
“Untuk mencapai pelayanan informasi yang maksimal ada dua hal yang harus diperhatikan. Pertama komitmen dari pimpinan dan yang kedua adalah para PPID ini harus memahami fungsi dasarnya,” jelasnya.
Dikatakan Henny, semakin transparan informasi yang diberikan maka tingkat kepercayaan masyarakat kepada pemerintah daerah juga akan meningkat. Dengan begitu nantinya juga masyarakat dapat ikut terlibat dalam proses pembangunan sebuah daerah.
“Pemerintah menjalankan pembangunan dengan APBD yang berasal dari masyarakat, tapi kalau tidak transparan bagaimana masyarakat bisa tahu kerja pemerintah seperti apa. Maka dengan transparansi nanti mereka tahu dan akan berjuang juga untuk membantu pemerintah,” pungkasnya. (Jopi)

Post a Comment

0 Comments