SENI BUDAYA DAN PARIWISATA PADANG PARIAMAN PERLU DIKEMAS UNTUK MAMPU TINGKATKAN PADANG


Padang Pariaman,KORANTRANSAKSI.Com - Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur,S.E.,M.M. membuka Pelatihan Seni Budaya dan Pariwisata dengan tema Pelestarian Seni Budaya Lokal sebagai Objek Daya Tarik Wisata Daerah pada senin (16/03) di Aula Hotel Minang Jaya Lubuk Alung. Acara ini diikuti oleh guru seni budaya SLTP dan  pimpinan sanggar se Kabupaten Padang Pariaman.

Kegiatan ini juga menghadirkan pemateri dari Universitas Negeri Padang yakni Indra Yudha,M.Pd.,P.Hd selaku Pembantu Dekan III Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang dan Drs.Rahmang.MM Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padang Pariaman.

Suhatri Bur,S.E.,M.M. dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Padang Pariaman yang telah melaksanakan kegiatan yang bertujuan untuk melestarikan kebudayaan Padang Pariaman yang menarik wisatawan, misalnya dengan membuat iven-iven yang berdampak terhadap peningkatan pendapatan daerah Padang Pariaman nantinya.

"Kami berharap bapak dan ibu dapat menjadi ujung tombak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dalam pelestarian kebudayaan sekaligus mensosialisasikan nilai-nilai kebudayaan dalam lingkungan sehari-hari sehingga kebudayaan dan nilai-nilai lokal ini dapat menjadi daya tarik masyarakat luar untuk mengunjungi Padang Pariaman." tutur Aciak sapaan akrab Wakil Bupati Padang Pariaman.

Ia juga menuturkan bahwa Padang Pariaman yang memiliki kesenian tradisional dan kebudayaan yang unik ini agar dapat dikemas semenarik mungkin sehingga dunia luar mengenal dan tertarik akan kebudayaan serta kesenian yang kita miliki seperti indang dan ulu ambek yang sudah mulai dikenal luas.

Selanjutnya Aciak juga menghimbau seluruh peserta untuk menerapkan perilaku hidup sehat ditengah wabah virus corona atau covid-19 yang tengah meresahkan masyarakat Indonesia saat ini.

Kegiatan pelatihan Seni Budaya dan Pariwisata ini juga akan dilanjutkan pada esok hari dengan melakukan pengenalan kembali fungsi dari laga-laga yang dilaksanakan di laga-laga Nagari Tandikek Selatan Kecamatan Patamuan bersama Ade Suryanda,S.Pd selaku pemateri dan juga dengan menampilan kesenian Ulu Ambek. (Fera)

Posting Komentar

0 Komentar