Ombudsman Sidak Lapas Pemuda Tangerang, Temukan CCTV Tak Berfungsi Maksimal

Ombusman Sidak Lapas Kelas IIA Tangerang. (foto : Yusvin M Karuyan)


TANGERANG, KORANTRANSAKSI,com -  Selasa (19/06/18) kemarin, Lembaga Pengawas Pelayanan Publik Ombudsman, menemukan sejumlah persoalan dalam fasilitas pengawasan keamanan yang ada di lapas Pemuda Kelas II A, Tangerang, salah satunya soal CCTV yang kurang memadai.

Dalam kunjungannya, Anggota Ombudsman, Ninik Rahayu bersama rekannya Adrianus Meilala, menemukan banyaknya CCTV di sekitar lapas Pemuda Kelas II A yang tidak beroperasi secara optimal, diantaranya kurangnya jumlah CCTV, tampilan gambar yang sudah tak jelas, hingga posisi peletakan CCTV yang tak sesuai lagi.

“Kami sudah berulangkali mendapatkan keluhan tentang jumlah CCTV, sementara yang ada tidak dimaksimalkan, dan tidak update, ”terang Ninik.

Ninik mengatakan, sangat menyesalkan hal tersebut, karena menurutnya lapas yang dilengkapi dengan CCTV, bisa membantu pengawasan di sekitar lokasi tersebut.

“Padahal CCTV dimanfaatkan untuk lihat situasi lapas dari jam dan menit. Bahkan ada situasi yang rawan terjadi keributan, atau ada tahanan sakit, sehingga tidak terpantau. Ini masalah serius, bukan hal yang sepele,” jelasnya.

Sehubungan dengan temuan Ombusman tersebut, Kepala Lapas Pemuda Kelas II A Tangerang, Marlik Subiyanto mengatakan, akan melakukan perbaikan dan segera mengadakan CCTV baru untuk perbaikan sistem pengawasan.

“Segera akan kita perbaiki. Terkait kekurangan CCTV, kita sudah mau ajukan pengajuan baru karena CCTV yang ada saat ini, sudah lama,”ujar Marlik.

Selain menemukan persoalan tersebut, Ombudsman juga menemukan persoalan lainnya, diantaranya layanan informasi, prosedur bagi para pengunjung napi, dapur makanan, hingga klinik kesehatan yang tersedia di lapas tidak sesuai dengan ketentuan. (yus)

Posting Komentar

0 Komentar