NCW Demo Di Kajati Sumsel Kasus Dana Fiktif 5,7 Milyar Raib Kemana !?

Aksi demo NCW di Kejaksaan Tinggi Sumsel(Foto;dok)


Palembang, KORANTRANSAKSI.Com – Dewan Pimpinan Daerah Nasional Corruption Watch (DPD-NCW) Kabupaten Lahat lakukan demo di kantor kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Selatan, Selasa (08/05/2018). Ketua DPD NCW Kabupaten Lahat Dodo Arman kepada KORANTRANSAKSI.Com mengatakan, bahwa unjuk rasa ini sekaligus menanyakan tentang laporan yang diajukan kepada Kejati Sumsel dua tahun yang lalu, namun hingga sekarang tidak kunjung. Padahal ujar Dodo Arman menegaskan, “ Indikasi korupsinya itu sangat jelas karena kegiatan sudah habis dan tutup tahun, sementara sisa uang sebesar 5,7 miliar masih ada maka dipaksakanlah siasanya itu diambil sampai jadi nol, tandas Araman.

Lebih lanjut Dodo menjelaskan, bahwa temuan NCW itu berdasarkan data dan pengembangan hasil investigasi dilapangan, disinyalir ada indikasi tindak pidana korupsi dalam penggunaan dana alias “ fiktif “ pada Sekretariat Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kabupaten Lahat pada tahun anggaran 2014 sebesar Rp. 5.765.970.998. ( Lima Milyar Tujuh Ratus Enam Puluh Lima Juta Sembilan Ratus Tujuh Puluh Ribu Sembilan Ratus Sembilan Puluh Delapan Rupiah ).

Dodo Arman katakan, hal ini terungkap berdasarkan pengakuan Hj. Sri Purwaningsih selaku Bendahara Sekwan DPRD Kab Lahat, mendapat tekanan dari atasannya untuk mengambil uang pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Lahat. Dengan berat hati Hj. Purwaningsih menghadap Kepala DPPKAD, pada tanggal 17 Desember 2014, uang yang dimaksud ditransfer ke rekening DPRD sebesar Rp. 5.765.970.998.

Pada awalnya Kepala DPPKAD menolak keras permintaan tersebut, namun karena dipaksa oleh pihak Sekretariat DPRD Lahat akhirnya dengan sangat terpaksa mentransfer dana tersebut ke rekening Sekretariat DPRD pada tanggal 17 Desember 2014,” tandas Dodo.

“Kami sudah melaporkan ke Kejari Lahat, kemudian ke Kejati Propinsi Sumsel. Jika laporan ini masih tidak disikapi dalam penegakan hukum, lalu kemana lagi kami akan mengadu, atau bila perlu kami akan laporkan ini ke Kejagung,” tegasnya.

Aksi demo yang digelar NCW kurang lebih 50 orang personil itu diterima oleh Kasi Penkum dan Humas Kejati Sumsel, Hotma Hutadjulu. Kasus yang dilaporkan oleh NCW itu sedang berproses ujar Hotma Hutajulu. “Silahkan tanyakan kepada tim yang menangani apakah di tindak lanjuti, dan pasti ditindak lanjuti,” ujarnya.

Lebih lanjut Hotma menegaskan, kalau ada yang coba-coba bermain dengan perkara ini silahkan sampaikan kepadanya, dia akan menyampaikan langsung kepada pimpinan. “Sekarang bukan lagi saatnya hal seperti ini di tutup-tutupi, semuanya transparan, untuk apa di tutup-tutupi akhirnya menjadi borok seperti ini,” tukasnya.

Hotma mengapresiasi langkah pelaporan yang dilakukan NCW, dan siap pula besinergi antara NCW dengan petugas yang menangani kasus tersebut. “Saya akan fasilitasi ketemu langsung dnegan timnya karena saya tidak tahu secara detail penanganannyaseperti apa dan saya tidak boleh menyampaikan secara detail di forum seperti ini karena ini bukan bagian dari informasi publik yang bisa di sebarkan seperti ini,” ungkapnya.

Tentunya sebagai pelapor NCW punya hak untuk mengetahui perkembangan penanganannya seperti apa. Hotma tambahkan,  mohon maaf tidak bisa hari ini karena timnya banyak pekerjaan yang lain untuk itu dia meminta waktu.


“Silahkan konfirmasi dengan saya mungkin minggu depan hari Selasa atau Rabu atau hari Senin temui saya, saya antar langsung kepada timnya dan bicara langsung dengan timnya,” janjinya.

Hotma juga menghimbau, kalau memang masih ada kekurangan data silahkan ditambahkan, kalau ada hal yang masih bertentangan kita belum sepakat silahkan disampaikan, kalau ada masalah diterima dengan tidak baik atau tidak difasilitasi oleh timnya silahkan sampaikan ke dia. “Jadi seperti itu prosedurnya semua instansi, semua institusi punya SOP tidak bisa seenaknya menyampaikan informasi, saya hanya menerima pengaduan sudah saya sampaikan untuk di tindak lanjuti, seperti apa, saya tidak punya kapasitas untuk menjelaskan di tempat ini,” pungkasnya.

Aksi demo yang digelar oleh NCW secara prosudural mendapat pengawalan dari pihak Kepolisian, dan berjalan lancar mulai pukul 09.30-11.00 WIB.(TIM TRANS)



KOMENTAR

Nama

Advertorial,5,Bea Cukai,6,BPN,2,Ekonomi,97,Film,25,Headline,87,Hibura,1,Hiburan,63,Hukum,78,Imigrasi,1,Internasional,1,Karimun,1,Lingkungan Hidup,1,Megapolitan,151,Musik,16,Nasional,277,NCW,1,Nusantara,19,Opini,10,Padang Pariaman,6,Pangkalpinang,1,Pariwisata,3,Pendidikan,43,Pidie,1,Politik,10,Polkam,1,Sepak Bola,11,Sinetron,1,Sport,20,Tasikmalaya,3,Tekno,6,Televisi,15,Trans Aceh,2,Trans Alor,1,Trans Asahan,1,Trans Babel,15,Trans Bali,2,Trans Bandung,5,Trans Banten,97,Trans Batam,3,Trans Batang,1,Trans Bekasi,64,Trans Belitung,5,Trans Beltim,1,Trans Belu,1,Trans Bengkulu,1,Trans Blitar,1,Trans Bogor,5,Trans Cimahi,6,Trans Demak,1,Trans Depok,16,Trans Gorontalo,4,Trans Humbahas,2,Trans Indragiri Hilir,1,Trans Indramayu,1,Trans Jabar,77,Trans Jakarta,67,Trans Jambi,1,Trans Jateng,14,Trans Jatim,107,Trans Jawa,220,Trans Kaimana,1,Trans Kalbar,5,Trans Kalimantan,6,Trans Kalteng,2,Trans Karawang,59,Trans Karo,1,Trans Kepri,4,Trans Klaten,1,Trans Lombok,1,Trans Magelang,1,Trans Magetan,1,Trans Malang,83,Trans Medan,1,Trans NTB,2,Trans NTT,2,Trans Padang Panjang,1,Trans Pagaralam,7,Trans Pangkalpinang,3,Trans Papua Barat,3,Trans Pekalongan,4,Trans Pontianak,1,Trans Prabumulih,5,Trans Purwakarta,2,Trans Raja Ampat,2,Trans Riau,1,Trans Sambas,1,Trans Sampit,1,Trans Sanggau,2,Trans Semarang,3,Trans Sidoarjo,15,Trans Sulawesi,4,Trans Sumatera,47,Trans Sumbar,12,Trans Sumsel,18,Trans Sumut,9,Trans Surabaya,1,Trans Surakarta,1,Trans Tangerang,1,Trans Tangsel,80,Trans Tapanuli Utara,2,Trans Tasikmalaya,2,Trans Tuban,1,Trans Tulung Agung,1,Trans Wonosobo,1,Trans Yogyakarta,2,Transportasi,4,Trasn Sumenep,1,
ltr
item
Koran Transaksi: NCW Demo Di Kajati Sumsel Kasus Dana Fiktif 5,7 Milyar Raib Kemana !?
NCW Demo Di Kajati Sumsel Kasus Dana Fiktif 5,7 Milyar Raib Kemana !?
https://1.bp.blogspot.com/-H6xGTdiagAs/WvHSSzjmr-I/AAAAAAAAIH8/6So_jqyV5_0PVXwttqHYCbyHHFtiYvcYwCLcBGAs/s1600/20180508_100443.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-H6xGTdiagAs/WvHSSzjmr-I/AAAAAAAAIH8/6So_jqyV5_0PVXwttqHYCbyHHFtiYvcYwCLcBGAs/s72-c/20180508_100443.jpg
Koran Transaksi
http://www.korantransaksi.com/2018/05/ncw-demo-di-kajati-sumsel-kasus-dana.html
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/2018/05/ncw-demo-di-kajati-sumsel-kasus-dana.html
true
1002478562800392392
UTF-8
Memuat Seluruh Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua DIREKOMENDASIKAN KATAGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Tidak menemukan berita yang sesuai dengan permintaan anda KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow INI KONTEN PREMIUM Silahkan bagikan untuk membuka Salin Seluruh Code Pilih Seluruh Code Semua kode telah disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode/teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin