DPUSDA Kabupaten Malang Optimalkan Sistem Pengairan Bagi Petani

Ilustrasi.
MALANG, KORANTRANSAKSI.com - Untuk mengoptimalkan sistem pengairan di masyarakat, Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (DPUSDA) Kabupaten Malang pada tahun 2017 ini siap melakukan rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi untuk mengoptimalkan debet air pada pengairan irigasi sawah teknis. Sehingga dengan adanya rehabilitasi jaringan irigasi tersebut pasokan air yang dibutuhkan petani untuk lahan pertaniannya dapat terpenuhi dengan baik.
“Kami siap melakukan rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi di 52 titik dan setiap titiknya akan kami bangun sepanjang lebih kurang 500 meter,” jelas Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PU SDA) Kabupaten Malang Ir.Moch Anwar, melalui Kabidnya, Anang Udayana Kepala Bidang (Kabid) Pembangunan Dinas PU SDA Kabupaten Malang, belum lama ini.
Dari 52 titik rehabilitasi jaringan irigasi tersebut, lanjut Anang, tersebar di 33 kecamatan. DPUSDA Kabupaten Malang, sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp34 miliar untuk pelaksanaan pemeliharaan, sekaligus pembangunan saluran irigasi tersier maupun quarter. Jadi dari total anggaran yang ada untuk tahun ini secara garis besar akan diarahkan pada pemeliharaan dan pembangunan saluran tersier. Dengan demikian, baku air sawah di wilayah Kabupaten Malang tetap terjaga dan sistem pengairan di masyarakat, khususnya petani akan lebih optimal,” terangnya.
Bukan hanya itu saja, tambah Anang, perawatan ruang terbuka hijau di sepadan sungai juga akan diantisipasi, seperti Ruang Taman Hihau (RTH). Sehingga apa yang selama ini sudah tertata, akan terpelihara dengan baik. "Misalnya, kegiatan yang sudah dilaksanakan antara lain, Perbaikan Prasarana Pintu Air, Pemeliharaan Saluran Sumber Umbulan dan Penanaman Pohon di Saluran Sumber Umbulan yang telah dilaksanakan pada kegiatan Bina Desa di Kecamatan Bantur beberapa waktu lalu dan Pemasangan Pintu air serta Pemasangan Bronjong juga telah dilaksanakan dalam kegiatan Bina Desa yang bertempat di Desa Pujon Kidul Kecamatan Pujon," papar Anang.
Masih kata Anang, lahan persawahan di Desa Ngadilangkung, Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang saat ini juga masih butuh peningkatan jaringan irigasi. Maka, dengan adanya pemeliharaan dan pembangunan, diharapkan petani tidak lagi kesulitan air, apalagi saat memasuki musim kemarau. Sementara untuk Siyal Embung dalam skala kecil, tetap akan dilakukan perawatan, sehingga fungsinya tetap berjalan dengan maksimal,” tutup Anang. (Gus)

KOMENTAR

Nama

Advertorial,5,Bea Cukai,6,BPN,2,Ekonomi,97,Film,25,Headline,88,Hibura,1,Hiburan,63,Hukum,78,Imigrasi,1,Internasional,1,Karimun,1,Lingkungan Hidup,1,Megapolitan,151,Musik,16,Nasional,280,NCW,1,Nusantara,19,Opini,10,Padang Pariaman,6,Pangkalpinang,1,Pariwisata,3,Pendidikan,43,Pidie,1,Politik,10,Polkam,1,Sepak Bola,11,Sinetron,1,Sport,20,Tasikmalaya,3,Tekno,6,Televisi,15,Trans Aceh,2,Trans Alor,1,Trans Asahan,1,Trans Babel,15,Trans Bali,2,Trans Bandung,5,Trans Banten,107,Trans Batam,3,Trans Batang,1,Trans Bekasi,66,Trans Belitung,5,Trans Beltim,1,Trans Belu,1,Trans Bengkulu,1,Trans Blitar,1,Trans Bogor,5,Trans Cimahi,6,Trans Demak,1,Trans Depok,16,Trans Gorontalo,4,Trans Humbahas,2,Trans Indragiri Hilir,1,Trans Indramayu,1,Trans Jabar,77,Trans Jakarta,68,Trans Jambi,1,Trans Jateng,14,Trans Jatim,107,Trans Jawa,220,Trans Kaimana,1,Trans Kalbar,5,Trans Kalimantan,6,Trans Kalteng,2,Trans Karawang,59,Trans Karo,1,Trans Kepri,4,Trans Klaten,1,Trans Lombok,1,Trans Magelang,1,Trans Magetan,1,Trans Malang,83,Trans Medan,1,Trans NTB,2,Trans NTT,2,Trans Padang Panjang,1,Trans Pagaralam,7,Trans Pangkalpinang,3,Trans Papua Barat,3,Trans Pekalongan,4,Trans Pontianak,1,Trans Prabumulih,5,Trans Purwakarta,2,Trans Raja Ampat,2,Trans Riau,1,Trans Sambas,1,Trans Sampit,1,Trans Sanggau,2,Trans Semarang,3,Trans Sidoarjo,15,Trans Sulawesi,4,Trans Sumatera,47,Trans Sumbar,12,Trans Sumsel,18,Trans Sumut,9,Trans Surabaya,1,Trans Surakarta,1,Trans Tangerang,1,Trans Tangsel,82,Trans Tapanuli Utara,2,Trans Tasikmalaya,2,Trans Tuban,1,Trans Tulung Agung,1,Trans Wonosobo,1,Trans Yogyakarta,2,Transportasi,4,Trasn Sumenep,1,
ltr
item
Koran Transaksi: DPUSDA Kabupaten Malang Optimalkan Sistem Pengairan Bagi Petani
DPUSDA Kabupaten Malang Optimalkan Sistem Pengairan Bagi Petani
Untuk mengoptimalkan sistem pengairan di masyarakat, Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (DPUSDA) Kabupaten Malang pada tahun 2017 ini siap melakukan rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi untuk mengoptimalkan debet air pada pengairan irigasi sawah teknis. Sehingga dengan adanya rehabilitasi jaringan irigasi tersebut pasokan air yang dibutuhkan petani untuk lahan pertaniannya dapat terpenuhi dengan baik.
https://2.bp.blogspot.com/-IHGuRBRBJw0/WUt4KWstKuI/AAAAAAAAEdI/qYsKGy3KfXkWWI3b8EeGFljn3SVjkuESwCLcBGAs/s1600/Lahan-Persawahab-Desa-Ngadilangkung-Kec.-Kepanjen-Kab.-Malang.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-IHGuRBRBJw0/WUt4KWstKuI/AAAAAAAAEdI/qYsKGy3KfXkWWI3b8EeGFljn3SVjkuESwCLcBGAs/s72-c/Lahan-Persawahab-Desa-Ngadilangkung-Kec.-Kepanjen-Kab.-Malang.jpg
Koran Transaksi
http://www.korantransaksi.com/2017/06/dpusda-kabupaten-malang-optimalkan-sistem-pengairan-bagi-petani.html
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/
http://www.korantransaksi.com/2017/06/dpusda-kabupaten-malang-optimalkan-sistem-pengairan-bagi-petani.html
true
1002478562800392392
UTF-8
Memuat Seluruh Berita Berita Tidak Ditemukan LIHAT SEMUA Baca selengkapnya Balas Batal Balas Hapus Oleh Beranda HALAMAN BERITA Lihat Semua DIREKOMENDASIKAN KATAGORI ARSIP CARI SELURUH BERITA Tidak menemukan berita yang sesuai dengan permintaan anda KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Min Sen Sel Rab Kam Jum Sab Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Agt Sep Okt Nov Des baru saja 1 menit yang lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 minggu yang lalu Followers Follow INI KONTEN PREMIUM Silahkan bagikan untuk membuka Salin Seluruh Code Pilih Seluruh Code Semua kode telah disalin ke clipboard Anda Tidak dapat menyalin kode/teks, silakan tekan [CTRL] + [C] (atau CMD + C dengan Mac) untuk menyalin