Kantor Imigrasi Jakarta Selatan Siap Melayani Pembuatan 130 Paspor Haji di Akhir Pekan Ini

 

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Selatan Siap Memberikan Pelayanan paspor yang semaksimal kepada para calon Jamaah Haji 2023 (Foto:dok)
Jakarta, KORANTRANSAKSI.com - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Non TPI Jakarta Selatan memaksimalkan layanan akhir pekan untuk memfasilitasi pembuatan paspor para calon jemaah haji 2023. Sebanyak 130 calon jemaah haji di wilayah Jakarta Selatan yang belum memiliki paspor dilayani hari ini. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kepala Bidang Pelayanan dan Verifikasi Dokumen Perjalanan Kantor Imigrasi Jakarta Selatan, Ari Febrianto.

Ia mengatakan bahwa, pelayanan tersebut merupakan bentuk kerja sama Kantor Imigrasi dengan Kementerian Agama. Adapun prioritasnya adalah calon jemaah haji yang berusia lanjut. “Jadi jemaah haji yang belum berusia lanjut kita mengarahkan untuk melalui aplikasi m-paspor. Ini kita membantu jemaah haji yang kebanyakan berusia lanjut agar dapat kita layani terutama di hari libur, supaya tidak berdesak-desakan”, ucap Ari.

Ari juga mengungkapkan jika layanan prioritas ramah lansia ini menjadi titik fokus pihaknya. Sebab, Sebab, para lansia kerap terkendala saat menjalani proses pembuatan paspor. "Tentunya, karena tidak padat, pasti lebih mudah. Agar mereka juga dapat dalam waktu dekat mengurus visanya”, tuturnya.

Sementara itu Ari juga menjelaskan jika pada dasarnya tidak ada perlakuan istimewa kepada calon jemaah haji. Hanya, lanjutnya, permohonan berkas jemaah telah diberikan secara kolektif oleh Kemenag sehingga dapat disortir lebih dulu. "Karena sudah ada permohonan (dari Kemenag), berkasnya sudah kita sortir. Jadi mereka tinggal foto, pengambilan biometrik sidik jari, dan pembayaran”, jelasnya.

Sebelumnya Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas telah menetapkan kuota haji Indonesia tahun 1444 H berjumlah 221 ribu, terdiri atas 203.320 kuota haji reguler dan 17.680 kuota haji khusus. (ZIK/TIM)


Posting Komentar

0 Komentar