Usai Disentil Jokowi, Yasonna Siap Seleksi 10 Nama Dirjen Imigrasi Baru

 

Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H.Laoly (Foto:dok)
Jakarta, KORANTRANSAKSI.com – Presiden Joko Widodo memberikan teguran keras terhadap layanan Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM yang kerap mempersulit. Menkumham Yasonna H.Laoly langsung menyeleksi 10 nama Dirjen Imigrasi yang baru.  Presiden Jokowi sangat marah dan kecewa dengan imigrasi setelah mendapat laporan yang kurang enak mengenai layanan keimigrasian, terutama soal Visa On Arrival (VoA) dan Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS).

Jokowi merasa malu setiap mendengar keluhan dari Warga Negara Asing (WNA) terkait layanan Imigrasi. Jokowi pun mengancam akan mengganti Dirjen Imigrasi dan seluruh jajarannya apabila mereka tidak bisa kerja memberesi itu semua. "Saya terus terang dapat suara-suara seperti itu malu juga. Harus berubah total. Kalau perlu, dirjennya ganti, bawahnya ganti semua, biar ngerti bahwa kita ingin berubah. Kalau kita ingin investasi datang, turis datang, harus diubah”, ujar Jokowi dengan tegas.

Sejak 30 Juni 2021, Direktorat Jenderal Imigrasi ternyata hanya dijabat oleh Pelaksana Tugas (Plt) saja. Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly menunjuk Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kememkumham RI Widodo Ekatjahjana untuk merangkap jabatan sebagai Plt Dirjen Imigrasi.

Widodo menggantikan Dirjen Imigrasi sebelumnya, Jhoni Ginting yang sudah memasuki masa pensiun. Baru pada 27 Juli 2022 lalu, Kemenkumham mengumumkan akan mengadakan seleksi terbuka untuk mengisi posisi Dirjen Imigrasi.

Seleksi terbuka ini diumumkan melalui Pengumuman Nomor SEK-KP.03.03-573 tentang Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM Tahun 2022.

Sekjen Kemenkumham yang juga Ketua Pansel, Komjen Andap Budhi Revianto, mengatakan ada 10 orang yang dinyatakan lulus seleksi administrasi sebagai Dirjen Imigrasi. Lolosnya 10 nama tersebut juga diumumkan melalui Pengumuman No SEK-KP.03.03-602 tentang Hasil Seleksi Administrasi Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Kemenkumham.

Berikut 10 Nama Calon Dirjen Imigrasi Kemenkumham:

1. Dicky Fabrian

2. Jamaruli Manihuruk

3. Masyhudi

4. Julexi Tambayong

5. Maulana

6. Ratna Pristiana Mulya

7. Widodo Ekatjahjana

8. Hermansyah Siregar

9. Lucky Agung Binarto

10. Eddy Hartono

Sepuluh nama itu berasal dari berbagai latar belakang. Dicky Febrian pejabat di Kementerian Luar Negeri (Kemlu). Lalu ada Jamaruli Manihuruk yang berasal dari internal Kemenkumham. Masyhudi berlatar belakang militer, dan Ratna Pristiana Mulya yang berlatar belakang polisi. Adapun Widodo Ekatjahjana mempunyai latar belakang akademisi sebagai Guru Besar Universitas Jember. Saat ini Widodo Ekatjahjana juga menjadi Plt Dirjen Imigrasi dan Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN).

Sepuluh kandidat tersebut nantinya wajib mengikuti beberapa tahapan seleksi. Andap mengatakan seluruh tahapan seleksi tidak dipungut biaya apapun. Selain itu, keputusan panitia seleksi ditegaskannya bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat. (TIM/RED)


Posting Komentar

0 Komentar