Menparekraf Berikan Apresiasi Terhadap Desa Wisata Kampung Warna Warni Tigarihit Sumut yang Berhasil Tembus 50 Besar ADWI 2022

 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno saat mengunjungi Desa Wisata Kampung Warna-Warni Tigarihit di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Foto:Humas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)
Simalungun, Sumatera Utara, KORANTRANSAKSI.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi kreatif Sandiaga Salahuddin Uno memberikan apresiasi terhadap keberhasilan Desa Wisata Kampung Warna Warni di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara yang berhasil menembus 50 besar desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

"Ini merupakan suatu prestasi dan kita sampaikan penghargaan tertinggi kepada masyarakat yang ikut mengelola desa ini”, ujar Menparekraf Sandiaga.

Desa Wisata Kampung Warna Warni Tigarihit merupakan sebuah kampung yang berada di kawasan bibir Danau Toba dengan memiliki keunikan pada letak rumah warganya yang tersusun secara vertikal dan diberikan cat warna warni. Desa tersebut berjarak sekitar 78 kilomenter dari Bandara Silangit.

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno Saat Berkeliling di Sekitar Kawasan Desa Wisata Kampung Warna Warni Tigarihit Sumatera Utara (Foto:Humas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)
Selain itu, untuk posisinya terletak di lereng bukit yang menawarkan pemandangan langsung ke arah Danau Toba dari ketinggian, sehingga akan terlihat sangat indah dipandang. Maka, tidak heran jika pemandangan yang indah di wilayah Desa Wisata Kampung Warna Warni Tigarihit tersebut mampu mengantarkannya masuk ke dalam tahap 50 besar ADWI 2022 dari 3.419 desa wisata yang mendaftar dalam ajang tersebut.

Meskipun demikian, masih ada beberapa kendala yang dihadapi oleh pengelola Desa Wisata Kampung Warna Warni Tigarihit di bidang infrastruktur. Sehingga, Menparekraf Sandiaga mengajak pihak-pihak terkait untuk bersama-sama membantu mengelola infrastruktur yang ada di Desa Tigarihit. "Jadi nanti bisa kita kerja samakan dalam bentuk kerja sama yang saling menguntungkan”, jelas Sandiaga Uno.

Pemandangan yang disajiikan oleh Kampung Warna Warni Tigarihit Sumatera Utara (Foto:Humas Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif)
Dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Simalungun, Zonny Waldi mengungkapkan terima kasihnya atas kunjungan Menparekraf Sandiaga ke Desa Wisata Kampung Warna Warni Tigarihit. "Sangat luar biasa pada hari ini Pak Menteri naik dari bawah ke puncak Kampung Tigarihit ini yang merupakan suatu penghargaan yang luar biasa bagi kami”, tutur Zonny.

Pada kunjungan ini Menparekraf Sandiaga didampingi oleh Staf Khusus Menparekraf Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-isu Strategis, Brigjen TNI Ario Prawiseso; dan Direktur Tata Kelola Destinasi dan Pariwisata Berkelanjutan Kemenparekraf/Baparekraf, Indra Ni Tua. (ZIK/RED)



Posting Komentar

0 Komentar