Korsel Berhasil Uji Coba Jet Tempur Hasil Kolaborasi Dengan RI?

(Foto:Ilustrasi Jet Tempur)
Jakarta, KORANTRANSAKSI.com – Korea Selatan berhasil menguji coba jet tempur rakitan negara itu pada Selasa, 19 Juli 2022. Dalam hal tersebut, negara Indonesia membantu pengembangan pesawat itu melalui kesepakatan pada tahun 2014 lalu. Reuters melaporkan bahwa, jet buatan Industri Luar Angkasa Korea 047810.KS (KAI) itu lepas landas dari pangkalan udara Kota Sacheon pukul 15.40 waktu setempat.

Admnistrasi Program Akuisisi Pertahanan menyampaikan dalam sebuah pernyataan dimana jet yang disebut dengan KF-21 itu terbang selama 30 menit. Percobaan untuk jet baru Korea Selatan itu akan dilakukan sampai tahun 2026, setelah itu Korea Selatan berencana memproduksi massal jet tersebut.

Negara Indonesia sendiri mempunyai peran dalam pengembangan jet tempur ini. Dalam kesepakatan tahun 2014 silam, antara Seoul dan Jakarta telah menyetujui untuk mengembangkan jet tersebut melalui proyek senilai 8,1 triliun won atau setara dengan Rp 92 Triliun.

Indonesia juga sepakat untuk membayar seperlima atau 20 persen dari biaya pengembangan jet ini. Akan tetapi, Indonesia terus melakukan negoisasi kembali  kesepakatan itu pada tahun 2018 dimana untuk mengurangi biaya.

Kemudian Indonesia menawarkan diri untuk membayar dengan barter,dan akhirnya pihak dari Korea Selatan menyetujui Indonesia tetap membayar 20 persen dari harga pengembangan jet ini. Tetapi, sepertiganya dibayarkan dalam bentuk barang.

Korsel kemudian memamerkan prototipe pertama KF-21 pada April tahun lalu. Pesawat ini digadang-gadang menjadi alternatif dari jet F-35 buatan Amerika Serikat. Seri jet AS tersebut sering digunakan oleh Korsel. (TIM)

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar