Revitalisasi Siskamling Sebagai Upaya Peningkatan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat

Kab Bekasi, KORANTRANSAKSI.Com - Jum-at (26/03/2021)" Rasa aman merupakan hal penting dalam bermasyarakat terlebih dalam situasi saat ini dimana Kampung pulo memiliki jumlah penduduk yang cukup besar dengan tingkat moblitas yang tinggi, sehingga menjadikan lingkungan masyarakat rawan terhadap berbagai tindakan kejahatan.

Untuk mengatasi hal tersebut, semenjak  tahun silam telah dibentuk suatu sistem keamanan lingkungan yaitu “Siskamling”. Siskamling tersebut merupakan bentuk partisipasi masyarakat yang identik dengan ronda keliling. “Siskamling” membuahkan hasil diantaranya kondisi dan keamanan lingkungan benar-benar terjaga hingga matahari terbit.

Namun lambat laun kebiasaan itu semakin pudar dikala menurunnya nilai-nilai kebersamaan serta menguatnya rasa individualisme di masyarakat. Untuk itu metode yang konvensional yang identik dengan “ronda” atau pekerjaan pengamanan pada malam hari, sudah saatnya difikirkan perubahan menjadi sistem pencegahan kejahatan dan pengamanan yang modern, dengan mengedepankan Gerakan yang teriintegrasi dan terpadu antar berbagai sektor /lini yang terkait.

Berkenaan dengan hal tersebut maka Asep Jaenal  dan Beno Kuswara  Ketua penguyuban dan pembina  Kampung pulo pada hari ini yang lalu  dilaksanakan kegiatan  Revitalisasi Siskamling sebagai Upaya Peningkatan Kemanan dan Ketertiban Masyarakat Dua wilayah Rt003/004 ,Rt 008/003  Kampung pulo Desa Sukaraya Kecamatan Karangbahagia Kabupaten Bekasi.Menuju jaga kampung yang  aman, tentram dan tertib. Kegiatan ini didukung warga masyarakat  Dua wilayah Rt Kampung pulo , Diketahui Kepala Desa  Sukaraya , Babikantimas dan Babinsa Desa sukaraya ,

Waktu musyawarah pada minggu yang lalu  juga dihadiri Asep Jaenal (ketua peguyuban ) Beno Kuswara (pembina  siskamling)yang juga sekaligus membuka musyawarah . Dalam wawan cara sama media koran Transaksi.com Ketua pembina siskamling yg kebetulan Anggota ormas angkatan muda siliwangi.AMS.sebagai Wakil ketua Kabupaten Bekasi.Beno Kuswara  di kediamannya  pada hari jum at (26/mar)Menyampaikan Ini mengacu pada -Undang Nomor 23 Tahun Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Urusan  pemerintahan umum.

Khususnya untuk penyelanggaraan Urusan Pemerintahan Umum meliputi pembinaan ketahanan nasional, kerukunan antar umat beragama, persatuan dan kesatuan bangsa,  dan forum koordinasi

Untuk itu pada kesempatan ini, kami mengajak segenap komponen pemangku kepentingan khususnya untuk penyelenggara urusan pemerintahan umum  untuk bersama-sama dan bergandengan tangan mewujudkan situasai yang aman khususnya menghadapi berbagai permasalahan situasi kemananan dan ketertiban di Kampung pulo khususnya Desa sukaraya pada umum kecamatan karangbahagia  ini, Apa lagi  menghadapi Bulan suci Ramadan tahun 2021 ini.

Apabila kita berbicara roh dari siskamling itu terdapat empat hal pokok, salah satunya  menyangkut tentang keamanan keteriban nsani atau bagaimana seseorang bisa nyaman untuk hidup di daerah ini. Kedua, keamanan Publik atau disebut dengan Kamtibmas,, adalah keamanan eksternal berupa menjaga kampung

Dimana  hal pokok dimaksud dapat terwujud dengan baik bila ada sinergi dan kolaborasi antar pemangku kepentingan baik Kepolisian, Kodim, Kades/Lurah, dan Satlinmas guna wujudkan lingkungan yang aman tentram dan tertib. Menyambut bulan suci Ramadan  yang aman, tentram dan tertib.pangkasnya

Beno kuswara pun menambahkan Bagusnya dikampung ini ada seorang asep jaenal yang membantu selaku ketua paguyuban kampong Pulo beserta anggota paguyuban dengan kompaknya ditengah-tengah kampung pulo kita yang insyallah di bisa berkordinasi lebih kepada pihak  Kepolisian, Kodim  Pemberdayaan Masyarakat  mewujudkan Siskamling yang terintegrasi dengan berbagai lini/sektor, dengan harapan pelaksanaan ke grup peguyuban Kampung pulo bisa menjamin  Rasa Aman warga masyarakatnya.(Sgd)

Comments

Popular posts from this blog

H. MUKRONI FAHMI JABAT CAMAT PAMULANG KOTA TANGSEL YANG BARU

Diantara Beberapa Artis Minang Lagi Naik Daun Ratu Sikumbang dan Rayola

London Love Story 2, Ending Kisah Cinta Caramel