Keluarga Owa Jawa Kembali Dilepasliarkan


Jakarta, KORANTRANSAKSI.Com - lima individu owa jawa ke habitatnya di Hutan Lindung Gunung Malabar, Jawa Barat hari ini Kamis 21 Februari 2019. Lima individu tersebut terdiri dari satu keluarga yaitu Jowi, Cuplis, dan anaknya yang bernama Maral serta satu pasang yaitu Mimis dan Cika. Sebelum dilepasliarkan mereka terlebih dahulu direhabilitasi di Javan Gibbon Centre, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Pelepasliaran ini merupakan kerja sama Yayasan Owa Jawa dengan Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang didukung oleh Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Barat, Perum Perhutani, Conservation International (CI) Indonesia, Silvery Gibbon Project, dan Pertamina EP Subang asset 3 Subang Field.

Pelepasliaran ini adalah yang keenam kalinya. Sebelumnya telah melepasliarkan 19 individu owa jawa sejak tahun 2013. Owa jawa sendiri merupakan salah satu dari 25 satwa prioritas yang menjadi target sasaran strategis Ditjen KSDAE KLHK. Hal tersebut tertera pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) 2015-2019 untuk ditingkatkan populasinya. Saat ini owa jawa masuk ke dalam daftar merah IUCN dengan status endangered. (ARIO/ZIQ)

Comments

Popular posts from this blog

H. MUKRONI FAHMI JABAT CAMAT PAMULANG KOTA TANGSEL YANG BARU

Diantara Beberapa Artis Minang Lagi Naik Daun Ratu Sikumbang dan Rayola

London Love Story 2, Ending Kisah Cinta Caramel