Penegak Hukum Diminta Tindak Tegas Mafia Pangan

Mafia pangan. Ilustrasi.
Mafia pangan. Ilustrasi.
JAKARTA, KORANTRANSAKSI.com - Beberapa kalangan meminta agar penegak hukum harus benar-benar tegas untuk menindak berbagai pihak yang melakukan tindakan monopoli terhadap sejumlah komoditas pangan strategis karena hal itu dinilai akan merugikan masyarakat secara keseluruhan. Apalagi saat ini menghadapi Lebaran, dikhawatirkan para spekulan memanfaatkan situasi mencari keuntungan sebesar-besarnya.
Terkait dengan hal itu, Wakil Ketua Bidang Pekerja Petani dan Nelayan DPP PKS, Riyono di Jakarta, Jumat (2/6), menyatakan, tata kelola pangan nasional harus menunjukkan keberanian penegak hukum kepada pengendali pangan strategis yang cenderung dimonopoli para pemodal kuat yang tidak memihak rakyat kecil. Selain itu, ujar Riyono, keberpihakan tata kelola pangan nasional juga harus dilakukan terhadap kepentingan kesejahteraan rakyat dan fokus pada peningkatan produksi berbasis lokal.
Menurutnya sampai saat ini, Indonesia masih belum memiliki konsep pangan yang jelas yang mengakibatkan pemerintah juga mengalami kebingungan dalam menentukan kebijakan pangan untuk ke depannya. Beberapa pengamat mensinyalir kelompok mafia pangan selama ini sudah cukup dominan berperan dengan segala cara, dalam era rezim kapan saja.
“Permasalahan pangan di Indonesia dipengaruhi oleh permasalahan produksi sehingga pemerintah juga harus memberikan perhatian kepada para petani sebagai ujung tombak pertanian Indonesia,” kata Riyono. (Odjie/Ak-AM)***

Comments

Popular posts from this blog

Diantara Beberapa Artis Minang Lagi Naik Daun Ratu Sikumbang dan Rayola

H. MUKRONI FAHMI JABAT CAMAT PAMULANG KOTA TANGSEL YANG BARU

SMUN 10 KOTA TANGSEL BANGUN MASJID AL-MUHAJIRIN