Warga Tangsel Dihibur Festival Situ Bungur

Pesilat menyambut kedatangan Wakil Walikota Tangsel pada Festival Situ Bungur.
Tangsel, Trans - Warga Kecamatan Ciputat Timur khususnya Kelurahan Pondok Ranji, Sabtu-Minggu kemarin berduyun-duyun menuju kawasan wisata air lokal Situ Bungur. Berbagai hiburan spesifik Betawi seperti lenong dan bazaar makanan-minuman menghiasi acara tahunan Festival Situ Bungur. Themanya tetap menggalakkan pariwisata dan melestarikan budaya khususnya Betawi, sekaligus menjadi ciri khas Pondok Ranji selama ini.

Acara dibuka Wakil Walikota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie, yang sudah dihadiri para pejabat pemerintahan setempat, tokoh-tokoh masyarakat dan segenap warga yang langsung bisa menikmati hiburan panggung lenong.

Menurut Dohiri Adam dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tangsel, kegiatan tersebut merupakan kerjasama panitia lokal seperti lurah dan camat. Acara itu juga diramaikan dengan atraksi palang pintu, lomba mancing dengan 35 orang peserta, santunan anak yatim untuk 200 anak, dan berbagai perlombaan.

Agenda lain termasuk pula lomba kasidah antara 14 peserta, dan pemanfaatan Situ Bungur dengan acara lomba dayung yang diikuti 10 peserta.  Target utama acara tahunan itu adalah membangkitkan semangat masyarakat untuk melestarikan budaya Betawi. Sekaligus mereka memahami bahwa kemajuan yang dicapai dalam pembangunan kota Tangsel, diantaranya kiprah masyarakat cukup menentukan bagi keberhasilan pembangunan di kota Tangsel.

Lurah Pondok Ranji, H. Mukroni mengakui kalau kegiatan Festival Situ Bungur merupakan agenda tahunan dengan tujuan melestarikan lingkungan dan menggali potensi Situ Bungur. Sekaligus memelihara budaya masyarakat yang umumnya Betawi agar peninggalan budaya tetap hidup dalam lingkungan mereka. Lokasi Situ Bungur tidak hanya menyangkut ekosistem tetapi juga menjadi destinasi wisata yang bisa memancing kehadiran warga dari daerah lain.

Yang menarik dari moment tersebut adalah hadirnya peluang kegiatan ekonomi seperti kehadiran para pedagang dalam bazaar yang menjajakan berbagai macam makanan, busana, aksesoris dan berbagai perlengkapan keluarga. Justru para pedagang yang ikut berpartisipasi tersebut mayoritas adalah para pendatang yang selama ini ikut memeriahkan berbagai momentum seremonial di Tangsel selama ini. Warga setempat berjanji untuk memelihara lingkungan Situ Bungur, dan menjadikan arena wisata air dan memancing yang bisa dimanfaatkan warga secara cuma-cuma. (od/007)***

Comments

Popular posts from this blog

H. MUKRONI FAHMI JABAT CAMAT PAMULANG KOTA TANGSEL YANG BARU

Diantara Beberapa Artis Minang Lagi Naik Daun Ratu Sikumbang dan Rayola

London Love Story 2, Ending Kisah Cinta Caramel